Jawa Pos

Dari Infrastruk­tur ke Perancang Aksesori

Wahyuni Wulandari Beralih Profesi karena Hobi

-

SURABAYA, Jawa Pos – Jajaran aksesori berupa kalung dan gelang tertata di galeri milik Wahyuni Wulandari. Saat ditemui, dia sedang membikin bros. ”Ini sedang mengerjaka­n pesanan,” tuturnya. Pengusaha yang bergerak di bidang aksesori itu menyatakan sangat menyukai aksesori dari batu. Hobi tersebut lalu dijadikan sebuah usaha yang berkembang hingga saat ini.

Awalnya, Wahyuni bekerja di bidang infrastruk­tur. Bersama suaminya, dia kerap berkelilin­g Indonesia untuk mengerjaka­n berbagai proyek. Namun, dia merasa pekerjaan itu tak ideal lagi untuknya. Dia pun memutuskan untuk beralih profesi. Lantas, Wahyuni mengikuti beberapa kali kursus untuk menemukan minatnya. ”Kebetulan suka aksesori dari dulu. Iseng nyoba bikin, lha kok keterusan, terus buka usaha setelah banyak yang suka,” kata nenek dua cucu itu.

Bak gayung bersambut, usaha Wahyuni berkembang. Yang awalnya hanya dengan batu alam, bahannya kini bertambah dengan kristal dan manik-manik. Dia menghasilk­an berbagai aksesori. Mulai kalung, gelang, hingga bros. Batu-batu itu memiliki beragam warna yang dikaitkan pada sebuah tali atau logam.

Kini dia juga punya misi khusus untuk melestarik­an lingkungan. Yakni, dengan menggunaka­n perca sebagai bahan pembuatan aksesori. ”Jadi, untuk tali yang digunakan di gelang dan kalung itu, sekarang saya gunakan perca sebagai bahannya,” imbuh pemilik usaha Cantik Asesoris tersebut. Selain itu, ibu dua anak tersebut menggunaka­n kain batik.

Wahyuni mengerjaka­n sendiri. Dia tak memiliki pegawai. Hanya dibantu beberapa rekan sesama pengusaha aksesori jika pesanan cukup banyak. Lebih dari seratus misalnya. Selain itu, dia setiap hari masih membuat berbagai aksesori. Biasanya, itu disiapkan untuk pameran atau sebagai stok.

Baginya, aktivitas itu sangat menyenangk­an karena berasal dari hobi mengoleksi aksesori. Ketika menjaga stan pameran, dia juga masih menyempatk­an untuk membuat aksesori. Tidak merasa sibuk, malah merasa semakin awet muda dengan aktivitas tersebut. ”Saya yakin itulah yang membuat saya tetap bugar,” ungkapnya.

 ?? HANAA SEPTIANA/JAWA POS ?? BATU ALAMI: Wahyuni Wulandari menunjukka­n beberapa aksesori buatannya.
HANAA SEPTIANA/JAWA POS BATU ALAMI: Wahyuni Wulandari menunjukka­n beberapa aksesori buatannya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia