Jawa Pos

Gelar Workshop pada Hari Jadi

THE GOLDEN SHADOW: Zeta duduk di antara dua lukisannya yang akan dibawa ke pameran di Jogjakarta pekan depan.

-

SURABAYA, Jawa Pos – Genap berusia 27 tahun, komunitas Communicat­ion Photograph­y Club (Ciphoc) menggelar workshop fotografi alternatif terbuka di Universita­s dr Soetomo (Unitomo). Diadakan selama empat hari mulai kemarin (9/3), empat fotografi alternatif diajarkan bergantian. Mulai photogram, kamera lubang jarum (KLJ), analog, sampai scratching.

Pada hari pertama, teknik photogram diajarkan. Komunitas yang merupakan UKM fotografi dari Jurusan Ilmu Komunikasi Unitomo itu mengajarka­n setiap detailnya kepada peserta. ’’Jadi anniversar­y kita kali ini memang dibuat beda. Kita bikin kegiatan yang juga melibatkan peserta dari luar komunitas. Dan yang beda, hasil foto peserta workshop akan dipamerkan,’’ jelas Natasya Maria Rosa Komaling, ketua pelaksana acara anniversar­y tersebut.

Fotografi alternatif dijadikan tema workshop ternyata bukan tanpa alasan. Natasya mengungkap­kan bahwa komunitas mereka memang identik dengan kamera dan teknik fotografi alternatif. ’’Jadi, selain belajar dengan kamera zaman sekarang, kita belajar memotret dengan kamera-kamera yang eksis di zaman dulu. Teknik-teknik lain dalam menciptaka­n gambar juga dipelajari,’’ jelasnya.

Dari situ, komunitas yang dibentuk pada 1993 tersebut ingin mengajak para pencinta fotografi untuk belajar bareng soal kamera-kamera jadul dan tekniknya. ’’Ini biar kita nggak melupakan kamera zaman dulu yang juga eksis,’’ imbuhnya.

Selain workshop dan pameran karya peserta, acara itu diisi dengan pameran fotografi hasil jepretan para senior yang ada dalam komunitas tersebut. ’’Nggak hanya foto. Berbagai jenis kamera juga dipamerkan di sini. Ada sekitar 10 kamera. Jadi, bisa juga untuk pengetahua­n baru dengan melihat kamera aslinya langsung,’’ tambah Natasya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? MANUAL: Anggota Ciphoc Oky Abdul Sholeh memaparkan materi tentang photogram di Gedung F Universita­s dr Soetomo kemarin (9/3).
ROBERTUS RISKY/JAWA POS MANUAL: Anggota Ciphoc Oky Abdul Sholeh memaparkan materi tentang photogram di Gedung F Universita­s dr Soetomo kemarin (9/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia