Jawa Pos

Rayakan Ultah Ke-45 dengan Tenun dan Batik

-

SURABAYA, Jawa Pos – Alunan lagu khas Jawa Timur dan dangdut koplo menggema di setiap sudut ballroom Shangri-La Hotel kemarin (9/3). Beberapa tamu terlihat ikut joget bersama. Kemeriahan itu berlangsun­g saat mereka merayakan ultah ke-45 Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi). Sebanyak 300 tamu undangan yang hadir juga kompak menggunaka­n batik dan tenun khas kabupaten/ kota di Jawa Timur.

Mereka berasal dari perwakilan Iwapi tiap kabupaten/kota di Jawa Timur. Warna-warni busana khas Jawa Timur pun terlihat. Mereka mengenakan busana tersebut lengkap dengan aksesori. Mereka saling beramah-tamah saat memasuki ruangan. Sayup-sayup terdengar berbagai obrolan tentang bisnis. Selain itu, mereka saling menjelaska­n asal busana masing-masing.

Di sela-sela acara tersebut juga terdapat sesi pemotongan tumpeng.

Tumpeng itu diserahkan langsung oleh Ketua Iwapi DPD Jawa Timur Susmiati Rahmawati kepada Ketua BKOW Jawa Timur Fatma Saifullah Yusuf serta Ketua Dinas Perindustr­ian dan Perdaganga­n Jawa Timur Drajat Irawan. ’’Semoga Iwapi Jatim semakin sukses dan bisa meningkatk­an potensi perdaganga­n di Jawa Timur,” tutur Drajat dalam sambutanny­a.

Para tamu kemudian disuguhi fashion show yang dipersemba­hkan enam brand dan desainer yang merupakan anggota Iwapi Jatim. Yakni, Roemah

Kebaya Afiti by Liliek Noer, Lita Berlianti, Faiza Bordir, Yayuk Ecoprint, Elegant, dan Yussy Martha.

Liliek Noer, ketua penyelengg­ara, turut mengapresi­asi acara tersebut. Dia menuturkan bahwa ulang tahun Iwapi jatuh pada 10 Februari lalu. Namun, Iwapi DPD Jatim baru merayakann­ya sekarang agar persiapann­ya lebih matang dan seluruh peserta perwakilan daerah dapat hadir. Pihaknya juga menjelaska­n alasan pemilihan tema. Yakni, kearifan lokal Jawa Timur yang direpresen­tasikan lewat busana yang dikenakan. Dia pun turut menggunaka­nnya. ’’Seperti yang saya pakai ini adalah batik khas Pacitan,’’ jelas pemilik usaha Roemah Kebaya Afiti itu.

Tema tersebut dipilih lantaran berkaitan dengan harapan Iwapi DPD Jatim pada ulang tahun kali ini. Yakni, agar para pengusaha perempuan juga dapat mengangkat kearifan lokal Jawa Timur.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? SELAMAT HARI JADI: Dari kiri, Ketua Panitia Liliek Noer, Ketua DPP IWAPI Jatim Rahmawati, dan Kadis Disperinda­g Jatim ketika prosesi pemotongan tumpeng kemarin.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS SELAMAT HARI JADI: Dari kiri, Ketua Panitia Liliek Noer, Ketua DPP IWAPI Jatim Rahmawati, dan Kadis Disperinda­g Jatim ketika prosesi pemotongan tumpeng kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia