Jawa Pos

LEMARI PAKAIAN BEBAS DARI NGENGAT DAN JAMUR

-

Sebagai wilayah yang terletak di garis khatulisti­wa, Indonesia memiliki iklim tropis yang tingkat kelembapan udaranya lebih tinggi daripada negara-negara lain. Tingkat kelembapan yang tinggi itu sering kali menyebabka­n munculnya jamur dan ngengat di lemari pakaian.

PADA tempat yang lembap, jamur akan tumbuh subur. Selain jamur, ngengat (heterocera) merupakan salah satu ancaman karena sering kali berada di tempat-tempat yang lembap dan gelap. Warnanya yang mirip kayu sangat sulit dilihat sehingga pemilik rumah tidak sadar pakaiannya sudah rusak dimakan hewan itu.

Ngengat hidup dengan cara memakan potongan kayu dan serat kain. Hewan tersebut giat mencari makan pada malam hari di tempat-tempat yang minim cahaya. Tempat favoritnya adalah kamar yang lembap dan lemari pakaian. Lemari dan pakaian yang menjadi sarang ngengat dapat dikenali dari ciri-cirinya seperti tercium bau apek yang tidak sedap, terdapat butiran-butiran kecil seperti debu tapi lebih kasar dan keras, kain baju menjadi lebih tipis dan rapuh, serta terdapat lubang-lubang kecil pada kain baju, terutama bahan baju kaus (T-shirt).

Berbagai cara telah dilakukan orang untuk memerangi hama tersebut. Pertama, hindari menutup lemari terlalu rapat. Berikan ventilasi pada lemari sehingga bagian dalam lemari tidak lembap. Kedua, taburkan bunga-bunga kering karena pada dasarnya ngengat tidak suka dengan bau yang menyengat seperti bau bunga. Ketiga, gunakan kamper. Orang zaman dahulu menggunaka­n potongan kayu kamper sebagai pengusir ngengat. Selain kayunya yang kuat, pohon kamper memiliki bau getah yang sangat menyengat. Bau itu tidak disukai ngengat.

Teknologi Kamper

Awalnya kamper hanya dibuat dengan varian warna putih polos dengan bau yang khas. Sesuai tuntutan kondisi dan pemakaian, bentuk kamper pun disesuaika­n dengan wangi dan varian yang disukai konsumen. Saat ini, sudah banyak kamper yang memiliki bau atau wangi buah-buahan dan bunga. Dengan begitu, selain sebagai pengusir ngengat, kamper menjadi pengharum ruangan lemari sehingga tidak bau apek.

Sesuai bentuknya yang bervariasi, mulai tablet hingga bola pingpong, kamper bisa ditempatka­n sesuai dengan kebutuhan seperti di lemari pakaian, toilet, dan rak buku. Sudah banyak inovasi kamper untuk lemari. Kamper tablet untuk lemari saat ini sudah menggunaka­n pembungkus yang tembus udara, tetapi fungsi dan kegunaanny­a tidak berkurang. Kertas tembus udara melindungi pakaian yang disimpan bersentuha­n langsung dengan kamper. Dengan demikian, pakaian tetap bersih dan bebas ngengat.

Bagus para kamper merupakan kamper dengan inovasi modern. Yakni, menggunaka­n lapisan kertas tembus udara. Kamper yang memiliki aroma apel dan orisinal mampu menyebarka­n wangi ke seluruh ruangan lemari hanya dengan beberapa potong para kamper. Kertas pembungkus udaranya sangat aman bagi anak-anak walaupun ditempatka­n di lemari buah hati Anda. Kamper tersebut sudah terbungkus aman dengan breathable paper sehingga tidak akan bersentuha­n langsung jika dipegang.

 ?? BAGUS FOR JAWA POS ??
BAGUS FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia