Jawa Pos

Gratiskan Jembatan Genting–Bandarejo

Limpahkan ke Pemkot, Berharap Diperbaiki

-

SURABAYA, Jawa Pos – Para pengguna Jembatan Genting– Bandarejo boleh semringah. Mereka bisa melintasi jembatan yang membentang di Sungai Genting itu tanpa harus mengeluark­an uang lagi. Masyarakat yang dimotori Lembaga Pemberdaya­an Masyarakat Kelurahan (LPMK) Genting Kalianak sepakat untuk menggratis­kan biaya naik jembatan kayu tersebut.

Penggratis­an tersebut ditandai dengan pemasangan spanduk di sekitar jembatan. Pengurus LPMK telah memberikan woroworo kepada masyarakat. Mereka memberi tahu bahwa warga tak perlu membayar saat menyeberan­g. ”Itu hasil musyawarah bersama. Baru diberlakuk­an dan masih sosialisas­i,” kata Ketua LPMK Genting Kalianak Eko Wahyudi kemarin (11/3).

Pria itu menjelaska­n, sebelumnya penyeberan­g harus setor Rp 1.000 untuk sekali melintas. Uang tersebut dikelola LPMK. Setelah kembali dimusyawar­ahkan, akhirnya muncul satu keputusan. Tak ada lagi penarikan untuk masyarakat. Warga tidak perlu membayar saat menyeberan­g jembatan yang menghubung­kan Jalan Babadan Rukun, Krembangan, dengan Jalan Genting Asemrowo tersebut.

Eko menjelaska­n bahwa kondisi jembatan cukup memprihati­nkan. Sebagian kayu penyangga telah rusak. Warga harus berhatihat­i saat melintas. ”Karena gratis, tak ada anggaran perawatan lagi. Jembatan diserahkan ke pemkot,” kata Eko.

Dia berharap ada perbaikan dari pemerintah. Jika memungkink­an, ada pembanguna­n jembatan permanen yang lebih kukuh. Sebab, pengguna jembatan cukup banyak.

Dalam sehari, minimal ada 100 penyeberan­g. Bukan hanya anakanak. Tetapi, juga para pedagang dan buruh pabrik di sekitar Sungai Genting.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? TAK LAGI BERBAYAR: Sebelumnya, warga yang melintas ditarik Rp 1.000 per kepala untuk biaya pemelihara­an. Sekarang tidak lagi.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS TAK LAGI BERBAYAR: Sebelumnya, warga yang melintas ditarik Rp 1.000 per kepala untuk biaya pemelihara­an. Sekarang tidak lagi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia