Jawa Pos

Ambil Duit Perusahaan Pakai Data Karyawan Fiktif

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kasus karyawan fiktif tapi tetap menerima gaji dibeber dalam sidang di Pengadilan Negeri Surabaya kemarin. Itu terungkap setelah manajemen perusahaan menemukan karyawan yang kontraknya habis tapi masih menerima gaji.

Hal tersebut diungkapka­n Indah Sri Wulan Mei saat menjadi pengganti Uyung Retnowati yang sedang cuti hamil sebagai HRD PT Garda Utama Nasional (GUN) Cabang Surabaya. Salah satu kejanggala­n yang ditemukan adalah adanya nama Rominsyah yang masih tercatat sebagai satpam. Padahal, kontraknya sudah habis.

”Saya rekap gaji melihat data Rominsyah sudah tidak ada di absensi dan tidak terdaftar sebagai anggota satpam tapi masih menerima gaji bulanan,” ujar Indah saat bersaksi dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya kemarin (11/3).

Meski begitu, nama dan rekeningny­a diduga dipakai terdakwa Aries Purwantoro yang menjabat kepala Cabang Surabaya

PT GUN agar tetap menerima gaji. Aries diduga bekerja sama dengan Uyung untuk membuat data satpam fiktif. Mereka mencari rekening-rekening orang lain untuk didaftarka­n di kantor pusat sebagai satpam penerima gaji bulanan.

Dari hasil audit, diketahui ada lima satpam fiktif dari Surabaya yang terdaftar sebagai penerima gaji bulanan. Perusahaan merugi hingga Rp 301 juta. Aries mendapatka­n nomor rekening setelah memerintah Agus Sugiyanto untuk mencarikan­nya. Agus merupakan pengendali operasiona­l PT GUN Surabaya.

Sementara itu, Aries membantah keterangan saksi. Dia mengaku tidak pernah menyuruh siapa pun untuk mencarikan rekening tabungan. ”Tidak benar mereka. Karyawan yang berinisiat­if membuatnya sendiri. Saya tidak pernah tahu,” katanya.

Terdakwa diduga menggelapk­an uang perusahaan. Modusnya, terdakwa bersama Uyung sebagai HRD membuat data satpam fiktif yang dipekerjak­an di perusahaan outsourcin­g itu.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? PEMBUKTIAN: Mantan Kepala Cabang PT Garda Utama Nasional Aries Purwantoro (kiri) mendengark­an keterangan saksi.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS PEMBUKTIAN: Mantan Kepala Cabang PT Garda Utama Nasional Aries Purwantoro (kiri) mendengark­an keterangan saksi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia