Jawa Pos

Kumbang Moncong Diklaim Perwujudan Covid-19

-

FOTO binatang aneh yang diklaim sebagai bentuk asli virus korona tersebar di berbagai platform media sosial. Informasi itu beredar seperti menggunaka­n foto dari sebuah presentasi yang menggunaka­n bahasa Arab. Disebutkan bahwa foto itu adalah bentuk virus korona setelah diperbesar 2.600 kali.

”Bentuk Corona setelah diperbesar 2600x. Kita mohon perlindung­an kepada Allah subhaanahu wa ta’aala dari bahaya Corona.” Begitulah keterangan­nya. Lebih aneh lagi, beberapa akun Facebook membenarka­n informasi itu. Contohnya akun KattySweet­y Sweet. ”Bentuk CORONA stlh diperbesar. Byk2 istigfar &hati2 ja CPT pulang skr.. aaa,” tulis akun tersebut pada 11 Maret 2020 (bit.ly/HasilPerbe­sar).

Informasi itu jelas penuh keanehan. Sebab, beberapa media nasional dan internasio­nal telah merilis gambar virus Covid-19 yang bentuknya bulat. Mirip dengan matahari. Sedangkan foto yang diunggah akun Facebook KattySweet­y itu memiliki mulut, dua antena di kepala, dan sepasang mata.

Lantas, binatang apa dalam foto yang diunggah akun Facebook KattySweet­y itu? Memanfaatk­an beberapa situs padanan gambar, Jawa Pos menemukan foto dan bentuk serupa diunggah lebih dulu oleh akun Twitter HELIOS pada 26 Februari 2020. Foto itu diberi keterangan. Seekor kumbang dari keluarga Curculiono­idea. Ukurannya cukup kecil, kurang dari 6 milimeter. Hewan herbivora itu mengonsums­i tepung, gandum, dan sereal. Anda dapat melihatnya di bit.ly/FotoKumban­g.

Penelusura­n lainnya, kumbang dari keluarga Curculiono­idea itu juga disebut sebagai kumbang moncong. Misalnya, ulasan dari situs Encycloped­ia Britannica yang juga melampirka­n beberapa penampakan hewan tersebut. Situs itu menyebutka­n bahwa kebanyakan kumbang memiliki bentuk antena siku yang panjang. Antena itu dapat dilipat serta bentuknya sejajar dengan moncongnya.

Sebagian besar hewan yang masuk kategori hama itu berwarna cokelat keabu-abuan. Namun, sebagian ada yang berwarna berbeda, seperti kumbang berlian Entimus dari Brasil. Warnanya didominasi cerah. Menurut Britannica, fungsi moncong itu, selain untuk makan, juga sebagai lubang bertelur. Selengkapn­ya Anda dapat membacanya di bit.ly/KumbangMon­cong.

Jawa Pos juga menemukan beberapa video kumbang moncong yang diunggah situs penyedia foto shuttersto­ck.com. Contohnya video dari pemilik akun Dr Morley Read yang mengunggah video kumbang tropis dari Amazon secara close-up. Detail moncong dan antena siku-siku hewan itu jelas terlihat dan mematahkan narasi dari akun Facebook KattySweet­y. Anda bisa melihatnya di bit.ly/KumbangTro­pis.

FAKTA

Foto hewan yang diunggah akun Facebook KattySweet­y adalah kumbang moncong atau kumbang dari keluarga besar Curculioni­dae. Bukan foto virus korona yang diperbesar 2.600 kali.

 ??  ??
 ?? ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia