Jawa Pos

’’Striker’’ yang Memilih Jadi Bek Kiri

-

PATRICK Kluivert adalah mantan bomber Barcelona dan timnas Belanda. Andriy Shevchenko? Dia merupakan eks striker AC Milan dan timnas Ukraina. Dua nama mantan bomber top itu kini melekat pada sosok Wulf Kluivert Shevchenko. Uniknya, meski mengambil nama dari dua striker top, Wulf justru bukan seorang striker. Pemain 19 tahun tersebut menempati posisi bek kiri di skuad Persipura Jayapura.

Lalu, bagaimana ceritanya dia memakai nama Kluivert Shevchenko? Menurut Wulf, nama itu diberikan karena orang tuanya ngefans berat kepada Kluivert dan Shevchenko. ’’Mama suka Kluivert. Papa suka Shevchenko. Jadi, namanya digabung sama papa,’’ terang Wulf saat ditemui Jawa Pos di Stadion Gelora Bung Tomo kemarin sore.

Sejatinya nama panggilan Wulf itu cukup asing baginya. Apalagi, di sekolah, dia lebih sering dipanggil dengan sebutan lain. ’’Teman di sekolah selalu panggil saya Kluivert. Apalagi waktu main bola. Kalau minta umpan ya panggilnya Kluivert,’’ jelasnya.

Ada alasan kenapa Wulf tidak menjadi striker seperti dua nama yang dia sandang. ’’Dulu, sama papa disuruh jajal semua posisi waktu main bola. Ternyata, cocoknya di bek kiri. Papa juga nggak mempermasa­lahkan kalau saya tidak jadi striker,’’ tambah pemain kelahiran 13 Januari 2001 tersebut.

Wulf mengaku enjoy bermain sebagai bek kiri. Apalagi, sejatinya dia sudah berupaya untuk menjadi striker. ’’Ternyata berat. Sebab, hampir semua pemain di Papua senang main jadi striker. Banyak saingan,’’ tuturnya.

Meski sudah jadi bek kiri yang minim saingan, Wulf harus bersabar untuk bisa melakoni debut. Apalagi, di posisi itu, masih ada beberapa pemain yang lebih senior. Sebut saja David Rumakiek dan Valentino Telaubun.

Wulf sadar bahwa persaingan untuk mendapat posisi starter cukup berat. ’’Persaingan starter berat ya. Tapi, kalau saya berusaha dan kerja keras, pasti Tuhan kasih kesempatan (sebagai starter),’’ ujar Wulf.

Jika diturunkan malam nanti, Wulf merasa sangat siap. Dia juga tidak akan minder. ’’Saya 100 persen siap. Saya dan semua pemain sudah siap meraih target tiga poin di sini (Surabaya),’’ imbuhnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia