Jawa Pos

Incar Rekor Jacksen F. Tiago

-

JACKSEN F. Tiago saat ini memang berstatus pelatih Persipura Jayapura. Tapi, sejatinya dia masih tercatat sebagai salah satu legenda Persebaya Surabaya. Sebagai pemain, Jacksen pernah membawa Persebaya menjuarai Liga Indonesia musim 1996–1997. Lalu, saat menjadi pelatih, Jacksen sukses membawa Persebaya sebagai kampiun Liga Indonesia musim 2004.

Bukan hanya sukses sebagai pemain dan pelatih, Jacksen juga tercatat sebagai pemain asing paling moncer. Dia adalah pemain asing Persebaya paling subur sepanjang masa dengan torehan 42 gol. Koleksi gol sebanyak itu dia catatkan saat membela Persebaya selama dua musim. Yakni, 1996–1997 dan 1997–1998. Nah, rekor yang sudah bertahan selama 22 tahun itu tampaknya segera pecah. Adalah David da Silva yang berpeluang menggeser posisi Jacksen.

Saat ini pemain 30 tahun itu sudah mengemas 38 gol atau terpaut 4 gol saja dari torehan Jacksen. Da Silva pun mengaku siap melewati torehan gol Jacksen. ”Ini kebanggaan, ya. Sudah lama rekor itu bertahan. Tentu saya senang kalau tercatat sebagai pencetak gol terbanyak. Nama saya pasti dikenang di sini (Persebaya, Red),” katanya saat ditemui Jawa Pos di Stadion Gelora Bung Tomo kemarin sore.

Sayangnya, Da Silva belum menemukan performa terbaik. Di laga perdana Liga 1 2020 kontra Persik Kediri, dia belum mampu mencetak gol. Meski begitu, Da Silva memilih untuk menepikan misi mengejar rekor Jacksen. ”Saya ingin fokus ke lapangan dan tampil maksimal untuk tim. Untuk top scorer dan rekor, itu biar jadi bonus buat saya,” ucap Da Silva.

Jacksen sadar bahwa rekornya bisa saja dilewati musim ini. Apalagi, jika menilik performa Da Silva, mencetak lima gol bukan hal sulit. Selain itu, Liga 1 baru memasuki pekan ketiga. Meski rekornya akan dipecahkan, Jacksen sangat legawa. ”Saya ingat ucapan pelatih saya di Brasil. Rekor itu ada memang untuk dipecahkan,” tutur Jacksen kepada Jawa Pos.

Karena itu, Jacksen malah senang jika ada yang bisa melewati rekornya. ”Makanya, kalau rekor saya dilewati Da Silva, itu adalah hal yang wajar,” jelas mantan pelatih Barito Putera tersebut.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? EMPAT GOL LAGI:
David da Silva ketika menjalani OT di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, kemarin.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS EMPAT GOL LAGI: David da Silva ketika menjalani OT di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia