Jawa Pos

McLaren Mundur, Race Perdana F1 Batal?

-

MELBOURNE, Jawa Pos – Kenekatan pihak penyelengg­ara GP Australia untuk tetap menggelar balapan seri pembuka Formula 1 di Melbourne akhir pekan ini mulai berdampak buruk. Tadi malam, salah satu tim peserta, McLaren, memutuskan mundur dari balapan. Penyebabny­a, salah seorang anggota tim asal Inggris itu positif terjangkit Covid-19.

Sebelumnya, penyelengg­ara F1 mendapat masukan dari Otoritas Kesehatan Negara Bagian Viktoria untuk melakukan tes kepada delapan orang suspect Covid-19 yang terlibat dalam balapan. Hasilnya, tujuh orang dinyatakan negatif, sedangkan satu orang lainnya positif korona. Orang tersebut adalah anggota tim McLaren.

’’Kami saat ini berdiskusi dengan F1, FIA, dan Departemen Kesehatan terkait implikasi yang lebih luas dari hasil tes tersebut,” papar CEO GP Australia Andrew Wesracott dalam pernyataan resminya. Keputusan yang dibuat manajemen tim asal Woking, Inggris, itu cukup mengejutka­n. Terlebih, seluruh anggota tim sudah berada di Melbourne. Sedangkan dua pembalap mereka, Carlos Sainz Jr dan Lando Norris, sudah terlihat di paddock dan melayani sejumlah agenda media.

Kondisi terakhir tersebut bakal berpotensi pembatalan race perdana F1 2020. Apalagi, sebelumnya Direktur Pelaksana F1 Ross Brawn menyatakan bahwa balapan tidak akan berlangsun­g jika ada satu tim peserta yang tidak ambil bagian.

Di sisi lain, tetap menggelar GP Australia memiliki konsekuens­i superbesar di tengah pandemi Covid-19 yang sudah menyebar hampir ke seluruh dunia. Juara bertahan Lewis Hamilton turut bersuara terkait kebijakan F1 yang nekat melanjutka­n seri pembuka balapan sesuai jadwal. ’’Uang adalah segalanya. Tetapi, aku tidak bisa berkomenta­r lebih dari ini,’’ kritik Hamilton ketika ditanya kenapa F1 tetap menggelar balapan di Melbourne.

Sementara itu, virus korona turut menyulitka­n penyelengg­ara MotoGP 2020. Dampaknya, kalender balap musim ini harus berubah untuk kali ketiga. GP Argentina yang disiapkan untuk menggelar balapan perdana kelas MotoGP harus dijadwal ulang, yakni ditunda pada 22 November. Keputusan itu turut menggeser balapan penutup di Valencia pada 29 November.

Dengan begitu, balapan terdekat berikutnya akan digeber di Jerez, Spanyol, 1–3 Mei mendatang. Masih ada sekitar 47 hari jeda sebelum para pembalap kelas premier mengaspal untuk kali pertama musim ini. GP Argentina juga menyusul penundaan dua race sebelumnya, yakni GP Thailand dan GP Amerika.

 ?? CHENG JIN/ JUN QIAN MOTORSPORT CHENG JIN/ JUN QIAN MOTORSPORT ?? TANGKAL: Pembalap Renault Esteban Ocon menjadi satu-satunya pembalap yang terlihat mengenakan masker di paddock Sirkuit Albert Park kemarin. Foto kanan, garis pembatas tampak memisahkan bos tim Haas Guenther Steiner dari sejumlah wartawan yang sedang mewawancar­ainya.
CHENG JIN/ JUN QIAN MOTORSPORT CHENG JIN/ JUN QIAN MOTORSPORT TANGKAL: Pembalap Renault Esteban Ocon menjadi satu-satunya pembalap yang terlihat mengenakan masker di paddock Sirkuit Albert Park kemarin. Foto kanan, garis pembatas tampak memisahkan bos tim Haas Guenther Steiner dari sejumlah wartawan yang sedang mewawancar­ainya.
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia