Jawa Pos

NBA 2020 Dihentikan Sementara

- Dua Pemain Jazz Positif Covid-19 OKLAHOMA CITY,

Jawa Pos – Seluruh pemain Utah Jazz sudah bersiap melakoni game tandang melawan Oklahoma City Thunder kemarin (12/3). Para penonton pun nyaris memenuhi kursi di Chesapeake Energy Arena untuk menyambut pertanding­an. Tetapi, beberapa saat menjelang tip off, mereka dibuat terkejut oleh keputusan pembatalan pertanding­an.

Para pemain kedua tim yang sedang menjalani pemanasan pun bingung. Point guard Thunder Chris Paul mendekati bench pemain Jazz. Dia bertanya apa yang terjadi. Namun, para pemain Jazz meminta pemain yang masuk NBA All-Star 2020 itu menyingkir.

Selanjutny­a, NBA mengumumka­n bahwa seorang pemain Utah Jazz positif terkena Covid-19. Dia adalah Rudy Gobert, sosok yang dua tahun terakhir didapuk sebagai defensive player of the year.

Pemain berkebangs­aan Prancis itu ketiban tulah sendiri setelah sehari sebelumnya­membuatlel­uconberleb­ihan. Setelah menjalani sesi konferensi pers prapertand­inganbersa­maawakmedi­a, keduatanga­nnyamenyen­tuhmikrofo­n dan alat perekam milik sejumlah wartawan, lalu ngacir keluar media center. Sebelumnya, dia berkoar tidak khawatirme­nghadapian­camanvirus­korona.

Diapunmena­ntangsemua­yangadadi ruangan tersebut untuk tidak terlalu cemas dengan virus itu.

Sebagaiman­a diketahui, Covid-19 bisa menular melalui kontak langsung dengan penderita. Atau dengan menyentuh benda-benda yang telah dipegang seseorang yang sudah terkontami­nasi virus tersebut.

Aksi konyol pemain 27 tahun itu berbuntut panjang. Sehari setelahnya, Rudy dipastikan positif Covid-19. Dampaknya, NBA memutuskan untuk menghentik­an seluruh pertanding­an di sisa musim ini sampai batas waktu yang belum ditentukan. Ini dilakukan demi menghindar­i persebaran virus yang lebih masif di kalangan pemain, fans, dan semua orang yang terlibat di dalam pertanding­an.

Di hari yang sama, Pelicans juga menolak wasit Courtney Kirkland yang sedianya memimpin pertanding­an mereka melawan Sacramento Kings. Alasannya, sang pengadil lapangan itu diketahui sempat terlibat kontak dengan Gobert.

Berselang beberapa jam kemudian, bintang NBA lainnya yang juga rekan setim Gobert, Donovan Mitchell, juga dinyatakan positif Covid-19. Dia menjadipem­ainNBAkedu­ayangterja­ngkit viruskoron­a.’Kamibekerj­asamadenga­nCDC(pusatpence­gahandanko­ntrol penyakit), juga dengan otoritas Negara BagianOkla­homadanUta­h,untukmeman­taukesehat­anmerekada­nmenentuka­n langkah terbaik ke depannya,’’ sebut pernyataan resmi Jazz sebagaiman­a dikutip ESPN.

 ?? STEPHEN M. DOWELL/ORLANDO SENTINEL ?? KOSONG: Amway Center, Orlando, markas Orlando Magic, terlihat kosong kemarin setelah NBA menghentik­an seluruh pertanding­an di sisa musim ini sampai batas waktu yang belum ditentukan.
STEPHEN M. DOWELL/ORLANDO SENTINEL KOSONG: Amway Center, Orlando, markas Orlando Magic, terlihat kosong kemarin setelah NBA menghentik­an seluruh pertanding­an di sisa musim ini sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia