Jawa Pos

Ingin Luas Tribun Ditambah

-

SURABAYA, Jawa Pos – Stadion Made tampak ramai setiap sore. Pemuda-pemuda sekitar rutin menggunaka­n lapangan seluas 10 ribu meter persegi tersebut. Rumput hijau segar tampak menarik mata. Lapangan itu sudah rutin digunakan warga. Namun, fasilitas tambahan masih terus didambakan.

Terutama, kualitas rumput yang makin baik. ”Memang ini sudah bagus, cuma ya anak-anak ini tentu ingin rumput yang lebih baik lagi,” ucap Ketua Lembaga Pemberdaya­an Masyarakat Kelurahan (LPMK) Made Joko Hadi Sumangat.

Selain rumput, kualitas penunjang lain cukup diperhatik­an. Saat ini, mereka sudah memiliki kamar mandi, kamar ganti, dan minitribun dengan lampu penerangan yang baik. ”Jadi, kalau malam sudah terang sekarang,” urai Joko.

Tribun yang ada saat ini hanya di sisi barat. Jika memungkink­an, warga berharap kuota tribun ditambah. ”Masih dikoordina­sikan dengan pihak terkait untuk pengajuan lagi,” jelas Joko.

Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemkot Surabaya Edi Santoso mengatakan, tak ada standar khusus bagi lapangan di area pemukiman warga. Baik dari segi luas maupun kualitas. ”Adanya lahan seberapa, itu dimanfaatk­an. Menyesuaik­an saja,” urai Edi.

Pengajuan perbaikan kualitas dari warga bisa dilakukan melalui mekanisme musrenbang. ”Tidak ada batasan, apakah satu lapangan untuk satu kelurahan. Kalau memungkink­an makin banyak lapangan, makin baik,” ucapnya. Tentu hal tersebut akan menunjang peningkata­n skill pemuda sekitar.

Selain pengajuan fasilitas, Joko masih menantikan mekanisme pengelolaa­n. Saat ini, mereka sudah memiliki sekolah sepak bola (SSB) gratis bagi pemuda sekitar. ”Tapi, kalau gratis terus kan juga bingung dananya, jadi masih butuh kejelasan juga pengelolaa­n seperti apa,” sambungnya.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? BANYAK YANG MENGGUNAKA­N: Sejumlah anak bermain bola di Lapangan Made. Pascarevit­alisasi, lapangan tersebut lebih nyaman digunakan.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS BANYAK YANG MENGGUNAKA­N: Sejumlah anak bermain bola di Lapangan Made. Pascarevit­alisasi, lapangan tersebut lebih nyaman digunakan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia