Jawa Pos

Minta Publik Bijak Bermedia Sosial

-

GRESIK, Jawa Pos – Kepala Staf Garnisun III Surabaya Brigjen TNI (Mar) Purwadi meminta masyarakat bijak dalam menggunaka­n media sosial (medsos). Publik mesti pandai memilah dan memilih informasi.

”Saya yakin masyarakat Gresik memiliki kekuatan dan kecerdasan sehingga suasana kamtibmas di Gresik tetap kondusif,” ujar Purwadi saat memberikan sambutan dalam acara Komunikasi Sosial (Komsos) Kogartap III Surabaya di Ruang Mandala Bakti Praja Kantor Bupati Gresik kemarin (12/3).

Acara bertema Melalui Komsos TNI Kita Tingkatkan Semangat Persatuan dan Kesatuan Bangsa guna Mempertaha­nkan Kedaulatan NKRI kemarin diikuti ratusan peserta. Mereka merupakan tokoh agama, tokoh masyarakat, serta pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dan jajaran kecamatan.

Dalam kegiatan itu, hadir juga Bupati Sambari Halim Radianto, Kapolres AKBP Kusworo Wibowo, Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Budi Handoko, Kajari Gresik Heru Winoto, dan Ketua PN Gresik Fransiskus Arkadeus Ruwe.

Dalam pertemuan tersebut, Purwadi juga memberikan apresiasi kepada Pemkab Gresik yang sudah berperan aktif menyuksesk­an kegiatan penguatan wawasan kebangsaan itu. ”Kami ingin terwujud sinergi serta peran pemkab dan forkopimda untuk mendukung tugas kami. Di Kabupaten Gresik, kami optimistis ini sesuai dengan apa yang kami inginkan,” ungkapnya.

Sambari menambahka­n, di era modernisas­i saat ini sangat rentan terbentuk pola pikir intolerans­i terhadap sesama anggota masyarakat. Nah, dengan penguatan wawasan kebangsaan ini, dia berharap akan terwujud pola pikir masyarakat yang konstrukti­f dengan terus menanamkan rasa cinta terhadap NKRI. ”Kami sangat mendukung diselengga­rakannya kegiatan ini,” ucapnya.

Dia mengungkap­kan, di era seperti saat ini pemerintah juga dihadapkan pada sejumlah persoalan. Salah satunya, penggunaan medsos dalam penyebaran berita hoax dan ujaran kebencian. Padahal, hal itu berpotensi memicu konflik sosial.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia