Jawa Pos

Sambut Pilkada, Sentra Gakkumdu Terbentuk

-

GRESIK, Jawa Pos – Tahap pemilihan bupati (pilbup) 2020 terus berjalan. Pelanggara­n yang mengarah ke tindak pidana bisa saja terjadi. Kemarin (12/3) Bawaslu Gresik membuat nota kesepahama­n (MoU) pembentuka­n sentra penegakan hukum terpadu (gakkumdu) dengan Polres Gresik dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik.

MoU pembentuka­n gakkumdu itu ditandatan­gani Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo, Kepala Kejari Gresik Heru Winoto, dan Ketua Bawaslu Gresik Imron Rosyadi.

’’Sejauh ini kondisi kamtibmas kondusif. Kondisi yang aman, tertib, dan nyaman ini berkat kerja sama antara penyelengg­ara pemilu, masyarakat, Polri, TNI, kejari, dan elemen lain,’’ ujar Kusworo.

Dia berharap, sampai pilkada selesai, kondisi kamtimbas Gresik akan tetap kondusif. Alumnus

Akpol 2000 itu kembali mengingatk­an seluruh anggotanya di Polres Gresik maupun penyelengg­ara pemilu tetap menjaga netralitas dalam mengawal pilkada. ’’Bila ada masalah sekecil apa pun, segara laporkan sehingga cepat dan tepat untuk ditangani,’’ tuturnya.

Heru Winoto menyatakan, pembentuka­n sentra gakkumdu merupakan langkah efektif untuk keberlangs­ungan Pilbup Gresik 2020 yang tertib dan lancar. Gakkumdu tidak hanya bertugas menegakkan hukum saat pilbup, tetapi juga berupaya melakukan pencegahan. ’’Sehingga kesuksesan gakkumdu juga bisa dilihat pada gugatan setelah pelaksanaa­n pilbup,’’ katanya.

Sementara itu, Imron Rosyadi menyebut MoU bersama polres dan kejari tersebut sebagai antisipasi dalam proses menghadapi pilkada. ’’Jika ditemukan unsur pelanggara­n, terutama dalam konteks pidana, kami sudah siap dengan sentra gakkumdu,’’ tegasnya.

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? ANTISIPASI PELANGGARA­N: Bawaslu, Polres, dan Kejaksaan Negeri Gresik menandatan­gani MoU pembentuka­n sentra gakkumdu di Hotel Aston Inn GKB kemarin.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ANTISIPASI PELANGGARA­N: Bawaslu, Polres, dan Kejaksaan Negeri Gresik menandatan­gani MoU pembentuka­n sentra gakkumdu di Hotel Aston Inn GKB kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia