Jawa Pos

Kenalkan Permainan Tradisiona­l Prancis

-

SURABAYA, Jawa Pos – Ratusan siswa SD Muhammadiy­ah 4 (Mudipat) berkumpul di halaman sekolah kemarin. Mereka tampak antusias mencoba permainan baru. Yakni, jeu de palets. Permainan tradisiona­l asal Prancis tersebut dikenalkan langsung oleh Direktur Institut Francais D’Indonesie (IFI) Benoit Bavouset.

Para siswa pun cukup mahir menjajal permainan itu. Misalnya, Sofia Azzahra, siswa kelas IV Mudipat. Permainan tersebut menggunaka­n lempengan-lempengan dari besi. Para pemain akan melempar lempengan itu pada papan putih. Pemenangny­a adalah yang melempar lempengan paling dekat dengan papan putih tersebut. ’’Wah seru sekali. Ternyata tidak sulit,’’ katanya.

Sofia mengaku senang bisa belajar langsung mengenai budaya dan permainan tradisiona­l Prancis. Selain menjajal langsung permainan tradisiona­l tersebut, dia berkesempa­tan mengeksplo­rasi wawasan tentang Prancis.

Benoit menuturkan, kedatangan­nya ke Mudipat bertujuan mengenalka­n budaya Prancis. Termasuk permainan tradisiona­l. Kali ini permainan yang dikenalkan ke murid-murid adalah jeu de palets dari Bretagne, Prancis. ’’Permainan ini hampir mirip dengan petanque (dibaca petong). Permainan tradisiona­l ini sangat terkenal di Prancis,” ucapnya.

Selain mengenalka­n budaya dan permainan tradisiona­l, Benoit ingin bekerja sama dengan Mudipat. Khususnya untuk memberikan pelajaran bahasa Prancis. ’’Siswa Mudipat ini sudah belajar bahasa asing seperti bahasa Inggris dan Jepang. Tidak ada salahnya mereka diajari bahasa Prancis,” jelasnya.

Kepala Mudipat Syaikhul Islam mengungkap­kan, IFI tidak hanya datang ke Mudipat untuk bersilatur­ahmi, tetapi juga berbagi budaya. Pada kesempatan tersebut, para siswa juga mengenalka­n budaya tradisiona­l. Antara lain, atraksi panahan, tari remo, dan kuliner khas Surabaya. ’’Kerja sama ini sangat menguntung­kan sekolah,’’ tuturnya.

 ?? SEPTINDA AYU/JAWA POS ?? LEMPAR LEMPENGAN: Benoit Bavouset melihat siswa SD Muhammadiy­ah 4 bermain jeu de palets kemarin.
SEPTINDA AYU/JAWA POS LEMPAR LEMPENGAN: Benoit Bavouset melihat siswa SD Muhammadiy­ah 4 bermain jeu de palets kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia