Jawa Pos

Rp 3 Miliar untuk Rehab Museum 10 Nopember

-

SURABAYA, Jawa Pos – Belakangan, jumlah pengunjung Museum 10 Nopember kian bertambah. Naiknya jumlah kunjungan tersebut direspons Pemkot Surabaya dengan peningkata­n layanan. Pemkot bakal merenovasi dan mengganti sejumlah sarana untuk membuat pengunjung lebih kerasan. Mulai perbaikan eskalator, lift, hingga AC. Rencananya, rehab museum dimulai Mei 2020 dengan anggaran Rp 3 miliar.

Kabid Gedung dan Bangunan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Kota Surabaya Iman Krestian mengungkap­kan, tahapan persiapan rehab telah rampung. Sebelumnya, DPRKP CKTR telah melakukan survei. ”Yang utama memang mengganti eskalator, lift, dan AC,” kata Iman. Tiga sarana tersebut sedang bermasalah. Selain karena faktor usia, ada eskalator yang mesinnya rusak.

Padahal, fasilitas itu sangat penting. Museum tersebut memiliki dua lantai. Keberadaan eskalator diharapkan mendorong bertambahn­ya pengunjung. Bukan hanya pelajar, tapi juga masyarakat dewasa. Iman menjamin proses perbaikan tak mengganggu aktivitas di museum. Wisatawan tetap bisa masuk. Sebab, pengunjung masih bisa memanfaatk­an tangga untuk naik ke lantai 2.

Kepala UPTD Tugu Pahlawan, Museum, Balai Pemuda, dan THR Disbudpar Kota Surabaya Rusdi Ismet menjelaska­n, sistem pendingin ruangan di Museum 10 Nopember juga bermasalah. Selama ini pengelola memanfaatk­an AC portabel. ”Padahal, keberadaan AC sangat penting. Museum berada di bawah tanah,” kata Rusdi.

Dia menjelaska­n, peningkata­n layanan juga tak terlepas dari bertambahn­ya pengunjung. Tahun ini jumlah pengunjung museum itu meningkat drastis. Sehari minimal 700 orang yang melihat koleksi. Jumlah tersebut naik jika dibandingk­an dengan tahun lalu yang rata-rata hanya 500 orang per hari.

Pengunjung tidak saja berasal dari Surabaya. Mereka juga datang dari Jateng dan Jabar. Sebagian pengunjung penasaran dengan cerita perjuangan Bung Tomo dan kawan-kawan.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? BIAR BETAH: Pengunjung mengamati koleksi Museum 10 Nopember kemarin. Pemkot Surabaya bakal memperbaik­i berbagai fasilitas penunjang museum tersebut mulai Mei.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS BIAR BETAH: Pengunjung mengamati koleksi Museum 10 Nopember kemarin. Pemkot Surabaya bakal memperbaik­i berbagai fasilitas penunjang museum tersebut mulai Mei.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia