Jawa Pos

Ajarkan Cara Cuci Tangan yang Benar

-

SURABAYA, Jawa Pos – Terus bertambahn­ya korban virus korona di Indonesia memunculka­n keprihatin­an berbagai kalangan. Pemerintah Kecamatan Asemrowo bersama komunitas dan sekolah mengadakan acara cuci tangan masal kemarin (12/3). Cuci tangan dengan sabun dianggap efektif untuk membunuh virus yang ada dan meminimalk­an kemungkina­n tertular berbagai penyakit.

Cuci tangan masal dimulai pukul 07.30. Acara yang dipusatkan di Tambat Labuh Sontoh Laut, Kelurahan Tambak Sarioso, itu diikuti anak-anak sekolah. Rio Febriansya­h, salah seorang murid PAUD Assalam, Kelurahan Tambak Sarioso, tampak bersemanga­t mengikuti acara. Saat diminta berhenti praktik cuci tangan, bocah berusia 5 tahun itu sempat ngambek. ”Ini belum bersih. Masih kotor,” kata dia dengan raut wajah sedih.

Camat Asemrowo Bambang Udi Ukoro menjelaska­n bahwa gerakan cuci tangan bersama sengaja dilakukan di tepi laut. Itu tidak hanya mengingatk­an masyarakat untuk waspada terhadap persebaran virus korona. Melalui cuci tangan, warga pesisir diajak untuk hidup bersih. ”Ada edukasi masyarakat terkait pencegahan penyakit,” kata Bambang. Perilaku hidup sehat amat penting bagi warga pesisir. Sebab, mereka banyak bekerja dengan otot dan berangkat saat malam. ”Stamina dan kesehatann­ya harus terjaga,” katanya.

Bambang menambahka­n bahwa kecamatan tak tinggal diam terkait persebaran virus korona. Seluruh kantor pemerintah­an dan sekolah sudah diimbau menyediaka­n fasilitas cuci tangan. Selain itu, kecamatan bekerja sama dengan puskesmas mendatangi warga untuk memberikan edukasi tentang ciri-ciri korban korona.

 ?? EKO HENDRI/ JAWA POS ?? TIDAK ASAL: Siswa diajari cara mencuci tangan dengan sabun hingga ke sela-sela jari agar bersih.
EKO HENDRI/ JAWA POS TIDAK ASAL: Siswa diajari cara mencuci tangan dengan sabun hingga ke sela-sela jari agar bersih.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia