Jawa Pos

Bekuk Enam Bandit Belia

Tiga Bulan Dapat Tujuh Motor

-

SURABAYA, Jawa Pos – Komplotan bandit pencurian kendaraan bermotor (curanmor) ditangkap. Gerombolan­nya terdiri atas enam orang. Ironisnya, usia mereka masih belia. Malah satu di antaranya masih di bawah umur.

Para tersangka itu adalah Yasir, 25; Heri Wahyudi, 19; Fathur Rosi, 22; Ghofi, 22; Ahmad Fuad, 27; dan RF, 16. Keenam tersangka ditangkap di Jalan Bulak Banteng. Mereka tinggal di kawasan tersebut.

Dalam penyidikan terungkap bahwa mereka mulai beraksi awal tahun ini. Sindikatny­a sudah beraksi tujuh kali. ”Hasil curian dipakai untuk senang-senang ke tempat hiburan malam,” ujar Kanit Resmob Polrestabe­s Surabaya Iptu Arief Ryzky Wicaksana kemarin (12/3).

Unit yang dipimpinny­a meringkus para tersangka secara bergiliran di Jalan Bulak Banteng. ”Awalnya ada satu yang terdeteksi memakai motor hasil curian,” terangnya. Yang dimaksud adalah Yasir yang juga otak komplotan. Berdasar keterangan­nya, lima pelaku lain kemudian dibekuk.

Ryzky mengatakan, modus yang dipakai sindikat mereka adalah cara lama. Yasir dan komplotann­ya mencari sasaran secara acak. ”Mapping-nya dengan keliling,” katanya. Mereka hunting bersama dengan dua motor yang jadi sarana. ”Boncengan tiga,” sambungnya.

Setelah menemukan motor incaran, keenamnya berbagi peran. Mulai eksekutor sampai mengawasi situasi. ”Eksekutorn­ya bergantian,” ucap polisi dengan dua balok di pundak tersebut. Untuk menggondol kendaraan sasaran, mereka memakai kunci T yang sudah disiapkan.

Motorcuria­n,katadia,selanjutny­a dijual ke Madura. Harganya Rp 2 juta–Rp3juta.Nah,uangitukem­udian dipakai untuk foya-foya bersama. ”Buatkekafe­dandiskote­k,”jelasnya.

Yasir yang menjadi bos komplotan itu tidak menampikny­a. ”Ide untuk mencurinya muncul spontan. Kami semua teman main,” katanya.

 ?? EDI SUDRAJAT/JAWA POS ?? BUKAN SEKALI: Para tersangka bersama hasil jarahannya yang belum terjual.
EDI SUDRAJAT/JAWA POS BUKAN SEKALI: Para tersangka bersama hasil jarahannya yang belum terjual.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia