Jawa Pos

Dishub Pastikan Keamanan Pengguna Suroboyo Bus

- Bersihkan secara Intensif dan Cek Suhu Tubuh

SURABAYA, Jawa Pos – Santo dengan sabar menanti kedatangan Suroboyo Bus di Park and Ride Mayjen Sungkono kemarin (13/3). Bersama istri, dia berencana pulang ke rumah. ”Baru nuker botol plastik. Sekarang waktunya balik ke rumah di Sukolilo,” katanya. Dia rutin menggunaka­n Suroboyo Bus. Hampir setiap hari, Suroboyo Bus menjadi alat transporta­si pria 61 tahun tersebut.

Di tengah risiko persebaran Covid-19 yang cukup tinggi di tempat-tempat umum, termasuk transporta­si publik, Santo mengaku dibekali hand sanitizer oleh anaknya. ”Ada tisu basah juga. Diwanti-wanti sama anak, habis megang apa pun, pakai ini (hand sanitizer, Red),” ujarnya.

Kepala UPTD Pengelolaa­n Transporta­si Umum (PTU) Dinas Perhubunga­n Surabaya Franki Yunus mengatakan, pihaknya berupaya menjaga keamanan para pengguna Suroboyo Bus dengan beragam cara. Salah satunya, suhu tubuh calon penumpang diperiksa dengan termometer infrared. Jika suhu tubuh 38 derajat Celsius atau lebih, calon penumpang diminta periksa ke klinik terdekat. ”Di dalam bus pun ada panduan cara melawan virus dan tetap sehat,” ucapnya.

Dia menyatakan, penumpang tak perlu khawatir menggunaka­n transporta­si publik. Setiap saat bus dibersihka­n secara detail dan intensif. Mulai tiang, handle grip di atas, hingga kursi. ”Supaya terbebas dari virus,” tuturnya.

Dari pantauan di Park and Ride Mayjen Sungkono pukul 13.00– 14.25 kemarin (13/3), ada 18 penumpang yang menggunaka­n Suroboyo Bus. Jumlah yang menukar botol plastik lebih banyak lagi. ”Sampai pukul 15.00, ada 41 orang. Tidak ada penurunan,” ujar Ludri, petugas penukaran botol plastik.

 ?? RIANA SETIAWAN/ JAWA POS ?? ANTAR PENUMPANG: Armada Suroboyo Bus keluar dari park and ride Mayjen Sungkono yang menjadi salah satu selter kemarin (13/3). Jumlah penumpang dari selter tersebut terbilang stabil.
RIANA SETIAWAN/ JAWA POS ANTAR PENUMPANG: Armada Suroboyo Bus keluar dari park and ride Mayjen Sungkono yang menjadi salah satu selter kemarin (13/3). Jumlah penumpang dari selter tersebut terbilang stabil.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia