Jawa Pos

Tak Sampai Satu Jam, Ludes 200 Kilogram

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Dinas Pangan dan Pertanian (Dispaperta) Sidoarjo turun tangan. Di tengah harga gula yang terus naik dan stok menipis, disperta menjual gula langsung dari PG Candi Baru. Harganya cuma Rp 11.500. Di pasaran masih Rp 12.500 sampai Rp 18 ribu per kilogram.

Kemarin (13/3), warga bisa membeli gula di depan kantor Dispaperta Sidoarjo. Total, 200 kilogram gula pasir premium disiapkan. Harganya di bawah harga eceran tertinggi (HET) Rp 12.500. Tak sampai satu jam, seluruh gula ludes.

Namun, masyarakat hanya boleh membeli maksimal 2 kg. ”Tidak apa-apa cuma beli 2 kg. Daripada di pasar mahal,” kata Subandiyah, ibu-ibu asal Jati. Dia datang pagi-pagi sekali. Padahal, pasar tani setiap Jumat di dispaperta itu baru buka pukul 06.30.

Di Sidoarjo, saat ini ada dua pabrik gula yang aktif. PG Candi Baru dan PG Krembung. Namun, stok di PG Krembung sudah habis. Yang tersisa hanya di PG Candi Baru. Itu pun stok sisa masa giling 2019 lalu. Masa giling tebu tahun ini diperkirak­an baru mulai Juni.

”Untuk bahan baku, tebu masih cukup di Sidoarjo,” kata Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan dan Perkebunan Dispaperta Kabupaten Sidoarjo Nurwatinin­gsih. Produksi Sidoarjo terbilang tinggi. Saat musim giling, kapasitas produksi dua PG tersebut mencapai 27 ribu kuintal per hari.

Sementara itu, upaya mendatangk­an gula terus dilakukan. Bulog Subdivre Surabaya Utara berupaya mendatangk­an 300 gula dari Lampung. Dinas Perindustr­ian dan Perdaganga­n (Disperinda­g) Sidoarjo pun berupaya mendatangk­an gula. Sejumlah distributo­r dihubungi. ”Memang sedang susah. Kami koordinasi sana-sini juga. Kalau dapat, segera kami gelar operasi pasar,” kata Kepala Disperinda­g Sidoarjo M. Tjarda.

 ?? FIRMA ZUHDI/JAWA POS ?? STABILKAN HARGA: Warga antre membeli gula murah di Pasar Tani yang berlangsun­g di halaman depan kantor dispaperta kemarin.
FIRMA ZUHDI/JAWA POS STABILKAN HARGA: Warga antre membeli gula murah di Pasar Tani yang berlangsun­g di halaman depan kantor dispaperta kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia