Jawa Pos

Kumpulkan 33 Medali Race dalam Dua Tahun

Lari Bikin drg Fajarin Nova SpKG Awet Muda

-

SURABAYA, Jawa Pos – Ingin kenalan dengan drg Fajarin Nova SpKG secara langsung? Datangi saja race-race lari yang hit. Di mana ada race, hampir pasti ada dokter gigi yang akrab dipanggil Nova itu. Memang, kecintaan Nova pada lari tidak bisa dibantahka­n lagi.

Ditemui di Lapangan

THOR kemarin (13/3), dia menyelesai­kan sesi plank

sebelum memulai wawancara. ”Ini tadi habis latihan lari tiga puluh menit, lanjut plank,” tuturnya. Berlatih dengan didampingi

coach memang jadi menu rutin tiap pekan yang dilahap Nova.

Meski bukan pelari yang mengejar podium, Nova menyebutka­n, coach dibutuhkan untuk memastikan pelari amatir mendapatka­n teknik yang benar dalam berlari. Dengan teknik yang benar, risiko cedera bisa diminimalk­an. Dan, lari pun semakin enjoy.

Mengenal lari dimulai pada 2018. Namun, sebelumnya dia memang suka berolahrag­a. Bagi dia, olahraga adalah terapi agar awet muda dan tetap sehat. Pilihannya sebelum lari adalah aerobik, salsa, atau fitness di gym. Bahkan, dia sering ikut berbagai kompetisi olahraga tersebut.

Ketika 2018, Nova mulai tertarik lari setelah gaduhnya berbagai event running race. Dia pun menjajalny­a. Ibu dua anak tersebut lantas ketagihan. ”Dari Februari 2018 itu sudah ikut berbagai

event lari di dalam dan luar negeri,” kata dokter gigi yang bertugas di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universita­s Airlangga tersebut.

Berbagai kategori juga telah dia lakoni. Mulai 5K, 10K, 21K, dan full marathon 42K. Nova melepas virgin marathon-nya di Maybank Marathon Bali 2019 lalu. Bukan hanya rute jalan, perempuan asal Bojonegoro tersebut juga menjajal rute trail run yang sudah punya nama. Dalam dua tahun, ada 33 medali yang sudah dikumpulka­nnya. Menurut Nova, aktivitas itu sudah menjadi bagian hidupnya. ”Ketika lari, tubuh mengeluark­an hormon endorfin yang memicu rasa senang. Tubuh juga didorong untuk memproduks­i sel-sel baru yang mengganti sel lama yang mengakibat­kan penuaan,” paparnya.

Setiap pekan, Nova menyempatk­an latihan dua hingga tiga kali. Baik di jogging track maupun di jalan. Saat latihan, dia biasanya bersama teman-teman komunitasn­ya, KulineRun. Wanita berhijab itu juga selalu menyempatk­an mengikuti event lari satu hingga dua kali sebulan. ”Selama setahun sudah saya agendakan event-nya,” tandasnya.

Selain lari, Nova gemar mengoleksi sepatu berbagai merek. Baik sepatu olahraga, sepatu kerja, atau sepatu kasual. ”Sampai enggak bisa ngitung,” ucapnya, lantas tertawa.

Dia mengaku meletakkan koleksinya itu dengan rapi di etalase kamarnya. Hobi tersebut juga dilakoniny­a sejak SMA. Bahkan, ada salah satu sepatu koleksinya zaman SMA yang bisa digunakan lagi oleh anak perempuann­ya.

Untuk menjaga kesehatan, Nova pun menjaga pola makan. Pilihannya, tidak terlalu banyak mengonsums­i jeroan dan beberapa jenis daging. ”Kalau lagi pengin aja, tapi enggak usah banyak-banyak,” imbuhya.

Ketika lari, tubuh mengeluark­an hormon endorfin yang memicu rasa senang. Tubuh juga didorong untuk memproduks­i sel-sel baru yang mengganti sel lama yang mengakibat­kan penuaan.” drg Fajarin Nova SpKG Penggemar Lari

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? PUNYA TARGET: Nova berlatih di Lapangan THOR, Surabaya, kemarin. Dua sampai tiga kali sepekan, dia menyempatk­an diri untuk latihan.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS PUNYA TARGET: Nova berlatih di Lapangan THOR, Surabaya, kemarin. Dua sampai tiga kali sepekan, dia menyempatk­an diri untuk latihan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia