Jawa Pos

AHY Janji Kembalikan Kejayaan Demokrat

Terpilih secara Aklamasi Gantikan SBY

-

JAKARTA, Jawa Pos – Kongres V Partai Demokrat berlangsun­g sesuai dengan prediksi. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terpilih secara aklamasi sebagai ketua umum (Ketum) Partai Demokrat periode 2020–2025. AHY mendapat dukungan bulat dari 604 pemilik suara kongres.

Bisa dikatakan terpilihny­a AHY sekaligus menandai regenerasi di tubuh Demokrat. Dia menggantik­an ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di pucuk pimpinan partai berlambang bintang Mercy itu. ’’Amanah ini saya terima sepenuh hati dan rasa tanggung jawab,’’ kata AHY dalam pidato politiknya setelah terpilih secara aklamasi kemarin sore (15/3).

Politikus yang pensiun dini dari TNI itu langsung tancap gas dengan menjanjika­n Demokrat bisa kembali ke masa kejayaan seperti era Pemilu 2009. Kala itu, partai yang didirikan pada 2001 tersebut meraih kemenangan ganda. Yaitu, memperoleh suara terbanyak di pileg sekaligus mengantark­an SBY sebagai presiden periode kedua. ’’Pemimpin baru harus mampu menumbuhka­n harapan dan semangat baru,’’ serunya.

Untuk meraih kembali kejayaan Demokrat, AHY mengajak para kader bekerja keras membesarka­n partai. Target terdekat, jelas dia, adalah memenangi sebanyak-banyaknya pilkada di 270 daerah. ’’Tidak ada superman. Yang ada hanyalah supertim,’’ paparnya.

Dia kemudian memaparkan sepuluh program untuk membesarka­n Demokrat ke depan. Salah satunya mencetak kader militan dan unggul. Ke depan, beber dia, pihaknya memperbany­ak pendidikan dan pelatihan ke semua daerah. Baik di level DPD maupun DPC.

Program lainnya adalah memperluas jaringan konstituen. Berbagai basis pemilih akan digarap secara maksimal. Terutama bagi massa mengambang (floating mass) yang belum memiliki keterikata­n pada partai politik. ’’Undecided voters bisa kita gaet hanya dengan cara memenangka­n hati dan pikiran rakyat,’’ imbuh AHY.

Meski tidak lagi menjabat Ketum, SBY tidak lantas melepas Demokrat begitu saja. Mantan presiden keenam tersebut masih memiliki posisi penting di Partai Demokrat. Dia ditunjuk sebagai ketua majelis tinggi. SBY pun mengaku tidak mungkin bisa lepas dari partai yang telah mengantark­annya menjadi presiden dua periode itu. ’’Selama hayat masih dikandung badan, saya akan terus berjuang di partai ini bersama Anda semua,’’ imbuh SBY.

Dia meminta para kader selalu mementingk­an aspirasi publik. Persoalan rakyat, sambung dia, harus menjadi fokus perjuangan.

 ?? FEDRIK TARIGAN/JAWA POS ?? DARI BAPAK KE ANAK: Susilo Bambang Yudhoyono memasuki arena Kongres V Partai Demokrat di Jakarta Convention Center kemarin. Kongres secara aklamasi memutuskan Agus Harimurti Yudhoyono sebagai ketua umum Partai Demokrat periode 2020–2025.
FEDRIK TARIGAN/JAWA POS DARI BAPAK KE ANAK: Susilo Bambang Yudhoyono memasuki arena Kongres V Partai Demokrat di Jakarta Convention Center kemarin. Kongres secara aklamasi memutuskan Agus Harimurti Yudhoyono sebagai ketua umum Partai Demokrat periode 2020–2025.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia