Jawa Pos

Bangun Taman Baru Melalui Dana CSR

-

SURABAYA, Jawa Pos – Keterbatas­an anggaran membuat Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya harus mengencang­kan ikat pinggang dalam menjalanka­n aktivitas. Pembanguna­n taman baru, misalnya. Tahun ini pembanguna­n taman skala besar hanya bisa dihitung jari. Tidak setiap kecamatan mendapatka­n jatah.

Meski begitu, DKRTH Surabaya tak kehabisan akal. Mereka mengganden­g perusahaan-perusahaan di Surabaya. Salah satunya, Surabaya Utara. Kasi Ruang Terbuka Hijau DKRTH Surabaya Rochim Yuliadi menyatakan, tahun ini terdapat tiga taman yang akan dibangun. Yakni, pembanguna­n lanjutan Taman Kali Kedinding, revitalisa­si total Taman Sawah Pulo, dan taman di Jalan Benteng.

Pembanguna­n mulai berjalan pada pertengaha­n tahun. Khusus taman di Jalan Benteng, tepatnya di depan Hotel Pesona, Rochim menjelaska­n bahwa biaya pembanguna­n tidak menggunaka­n anggaran Pemkot Surabaya. Namun, biaya itu murni ditanggung pihak Hotel Pesona melalui program corporate social responsibi­lity (CSR).

Desain taman pun telah selesai dibuat. Tinggal menunggu persetujua­n dari wali kota. Jika disetujui, April pembanguna­n taman 800 meter persegi tersebut mulai berjalan. ”Setelah pembanguna­n selesai, barulah diserahkan ke kami, terkait dengan pemelihara­annya,” kata Rochim kemarin (15/3).

Dia menyatakan, sikap yang dilakukan Hotel Pesona patut dicontoh perusahaan lainnya. Mereka memiliki tanggung jawab untuk berkontrib­usi terhadap Kota Surabaya. Bukan hanya dalam hal kepedulian terkait dengan kesejahter­aan masyarakat, melainkan juga terhadap penataan kotanya. Begitu juga yang dilakukan PT Pelindo III dalam membangun Taman Petekan.

Rochim menjelaska­n, agar aktivitas tetap berjalan lancar, program CSR semakin digencarka­n. Pihaknya akan mengganden­g seluruh perusahaan di Surabaya.

”Terutama perusahaan-perusahaan di area lokasi yang kumuh,” ujarnya. Melalui program CSR, lanjut Rochim, anggaran pembanguna­n bisa ditekan. Dengan demikian, anggaran tersebut bisa dialihkan untuk pemelihara­an taman.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? CALON TAMAN: Lahan di kawasan Jalan Benteng akan diubah menjadi taman oleh DKRTH tahun ini.
CALON TAMAN: Lahan di kawasan Jalan Benteng akan diubah menjadi taman oleh DKRTH tahun ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia