Jawa Pos

Plt Menhub, Luhut Instruksik­an Kecukupan Transporta­si

-

JAKARTA, Jawa Pos – Menteri Koordinato­r Bidang Kemaritima­n dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ditunjuk presiden untuk menjadi pengganti sementara Budi Karya Sumadi sebagai menteri perhubunga­n. Saat ini Budi Karya dirawat intensif setelah tercatat sebagai pasien kasus ke-76 positif korona.

Luhut menyatakan sudah memberikan beberapa instruksi. Misalnya soal kebersihan di kantor Kementeria­n Perhubunga­n (Kemenhub). ”Kami sudah catat siapa saja yang kontak langsung dengan Pak Budi Karya. Semua hari ini (kemarin, 16/3, Red) sudah tes di RSPAD untuk memastikan mereka juga bersih,” katanya.

Selain itu, penyediaan dan penyemprot­an disinfekta­n sudah diinstruks­ikan di lingkungan kantor Kemenhub. Berikut semua alat yang dibutuhkan untuk mendeteksi dan mencegah persebaran Covid-19. ”Sedang saya cek thermal gun scanning. Kalau bisa buatan dalam negeri, Len (PT Len Industri) Bandung,” jelasnya.

Luhut melakukan telekonfer­ensi dengan pejabat Kemenhub beserta BUMN. Dia meminta tidak ada penguranga­n transporta­si publik. Bahkan, menurut dia, moda transporta­si harus ditambah jika ada peningkata­n penumpang. ”Kita tidak mau misalnya dalam kereta api terlalu berdesakan. Itu bakal menjadi salah satu tempat penularan virus korona,” tuturnya.

Saat ini, kata Luhut, situasi dunia memang mencekam karena masalah Covid-19 yang belum pernah dihadapi sebelumnya. ”Tapi, di Indonesia masyarakat kita cukup tenang,” jelasnya.

Luhut juga mengungkap­kan bahwa hingga saat ini belum ada proyek investasi yang batal. Namun, menurut dia, ekonomi pasti tetap mengalami perlambata­n.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia