Jawa Pos

Rekondisi Dua Titik Plengsenga­n di Wiyung

-

SURABAYA, Jawa Pos – Plengsenga­n di saluran tengah raya Wiyung rusak. Bukan hanya satu titik yang rusak, melainkan dua sekaligus. Pertama, dekat persimpang­an Pondok Rosan. Batu yang disusun miring untuk tanggul itu roboh sepanjang 11 meter. Yang kedua berada di seberang kantor pemadam kebakaran (PMK). Plengsenga­nnya retak, mau ambrol.

Dari pantauan kemarin, satu titik plengsenga­n tersebut mulai diperbaiki. Tim satgas Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya merekondis­i susunan batu yang jatuh. ”Sudah dikerjakan seminggu,” ujar Kepala Rayon Pematusan Wiyung DPUBMP Surabaya Syahrial.

Syahrial menjelaska­n, kerusakan itu terjadi karena arus air begitu kuat. Debitnya meninggi setelah hujan turun. Akibatnya, plengsenga­n tersebut tak cukup kuat untuk menahan arus. ’’Sampai

ambrol,’’ katanya. Sementara itu, untuk plengsenga­n di dekat kantor PMK, warga sekitar segera melapor begitu menemukan keretakan. ’’Kami cek. Kondisinya memang doyong,’’ ucapnya.

Pihaknya melakukan antisipasi pertama. Yaitu, memberikan penahan bambu agar bertambah kukuh. ”Sementara kami perbaiki plengsenga­n di dekat Pondok Rosan dulu. Kalau sudah beres, berlanjut ke titik kedua,” tuturnya.

Camat Wiyung Ahmad Zaini mengungkap­kan, berdasar keterangan warga, plengsenga­n dekat Pondok Rosan ambrol karena hujan deras disertai angin kencang. Pohon tumbang. Akarnya mengenai plengsenga­n hingga rusak, lalu roboh. ’’Pohon sudah dipotong dan diangkut petugas DKRTH. Nanti ditanami pohon kembali untuk peremajaan,’’ jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia