Jawa Pos

Jumlah Pengunjung KBS Menurun

Terdampak Korona, Hari Ini Ditutup

-

SURABAYA, Jawa Pos – Persebaran virus Covid-19 berdampak pada pengunjung Kebun Binatang Surabaya (KBS). Lembaga konservasi itu sepi pengunjung kemarin (16/3). Mayoritas pengunjung berasal dari luar kota.

Pukul 12.58 loket KBS sudah sepi. Tidak tampak antrean pengunjung yang biasanya terlihat. Di area satwa hanya ada belasan bocah TK yang berlarian. Tidak ada pikuk pengunjung. Belasan anggota keluarga puas menyaksika­n koleksi KBS karena suasana sepi.

Misalnya, yang diungkapka­n Kusmini. Pengunjung asal Malang itu datang bersama anak keduanya yang masih TK. Dia datang ke KBS bersama rombongan TK Miftakul Huda dalam kegiatan field trip. ’’Datang jam 10. Pengunjung­nya sepi. Enak,’’ katanya.

Kusmini tidak khawatir mengenai isu persebaran virus korona. Menurut dia, asal badan dan tubuh sehat, virus itu tidak bakal menjangkit­i tubuh. ’’Pasrah dan berusaha menjaga kesehatan biar penyakit tidak datang,’’ tuturnya.

Taufik, pengunjung asal Sidoarjo, mengungkap­kan hal serupa. Sambil memanggul putranya melihat jerapah, dia tidak

Jumlah pengunjung Minggu (15/3):

orang

Jumlah pengunjung Senin (16/3):

orang

cemas mengenai isu persebaran virus korona. ’’Tidak perlu khawatir, Mas. Berdoa supaya tidak kena,’’ ucapnya.

Siang itu Taufik datang bersama keluarga besarnya dari Banyuwangi. Lelaki asal Sidoarjo itu memang sengaja mengajak saudaranya ke KBS. Mumpung sudah dekat ke Surabaya sekalian

Rata-rata pengunjung pada Senin–Jumat:

orang

Rata-rata pengunjung saat weekend:

orang

liburan bareng-bareng.

Humas Perusahaan Daerah Taman Siswa (PDTS) KBS Wini Hustiani membenarka­n terkait sepinya kebun binatang sejak era Hindia Belanda itu. Pengunjung terlihat sepi sejak Minggu (15/3). Hari itu pengunjung KBS mencapai delapan ribu orang. ’’Saat weekend, pengunjung mencapai belasan ribu orang,’’ katanya.

Kemarin jumlah pengunjung semakin menurun. Dari data KBS, pengunjung pada Senin (16/3) hanya 896 orang. Padahal, pada hari-hari biasa, pengunjung bisa mencapai dua ribu orang. Wini menyebut rata-rata pengunjung yang datang kemarin berasal dari luar kota.

Penurunan jumlah pengunjung tersebut merupakan dampak korona. Orang-orang lebih memilih tinggal di rumah ketimbang bepergian liburan.

Berdasarka­n informasi yang diterima Jawa Pos, KBS akan tutup sementaram­ulaihariin­i(17/3)hingga Minggu (29/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia