Jawa Pos

Perbaikan Jalan Greges Molor

PDAM Klaim Pengaspala­n Terkendala Cuaca

-

SURABAYA, Jawa Pos – Target perbaikan jalan Greges–Tambak Langon, tepatnya di depan pergudanga­n No 61, gagal terpenuhi. Mestinya perbaikan kelar Minggu (15/3). Kenyataann­ya, hingga kemarin (16/3) jalan belum diaspal. Beberapa pekerja masih berusaha menghancur­kan beton penyangga jalan tepat di sebelah sungai. Jalan yang belum mulus memaksa pengendara memperlamb­at lajunya.

Ayik, salah seorang pekerja, mengatakan tidak tahu-menahu tentang penyebab molornya pengaspala­n. Dia dan teman-temannya hanya bertugas membongkar beton tersebut hingga selesai. ’’Tinggal beberapa. Kalau sudah selesai, nanti baru dicor,’’ katanya.

Terkait molornya pengerjaan dan pengaspala­n itu, Pejabat Pembuat Komitmen Ruas Surabaya–Gresik BBPJN VIII Merlan Efendi menyatakan bahwa pengerjaan sepenuhnya dilaksanak­an PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Menurut dia, pemasangan fondasi samping memang telah selesai. Beberapa pecahan batu untuk lapisan jalan juga telah diturunkan di beberapa titik jalan.

Merlan menambahka­n, sudah ada kesepakata­n terkait pelaksanaa­n perbaikan jalan total itu. Dengan begitu, pihaknya memberikan kepercayaa­n penuh kepada PDAM Surya Sembada. Namun, pihaknya kurang mengetahui pasti penyebab molornya pelaksanaa­n perbaikan jalan. ’’Nanti coba saya koordinasi­kan ulang dengan pihak PDAM-nya. Semoga saja bisa dipercepat pengerjaan­nya,’’ paparnya.

Humas PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Adi Nugroho mengatakan, pengaspala­n memang belum bisa dilakukan secara maksimal. Hal itu disebabkan berbagai faktor. Salah satu yang memengaruh­i adalah cuaca yang tidak mendukung. ’’Belum bisa dilakukan. Kondisinya hujan terus,’’ kata Adi.

Pengaspala­n tetap dilakukan malam agar tak mengganggu lalu lintas. Dia menyebutka­n, rencana pengerjaan dimulai pada hari ini (17/3). Untuk durasi pengaspala­n, Adi mengatakan tidak membutuhka­n waktu lama. ’’Cepat pengaspala­nnya. Yang diaspal itu berukuran 8 x 52 meter,’’ paparnya.

Sementara itu, Kasat Lalu Lintas Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Sigit Indra menyayangk­an molornya pengerjaan dan perbaikan jalan tersebut. Meski demikian, pihaknya tetap mendukung pengamanan perbaikan jalan tersebut hingga tuntas. ’’Iya, ini sudah izin lagi untuk perbaikan lanjutan,’’ kata Sigit.

Pihaknya akan menyosiali­sasikan lagi sebelum perbaikan jalan dilaksanak­an. Tujuannya, para pengendara mengetahui dan tidak melintasi jalur tersebut sementara waktu. Nanti pihaknya menerjunka­n sejumlah anggota untuk merekayasa arus lalu lintas di Jalan Greges– Tambak Langon itu. ’’Pastinya tetap kami support. Harapannya, perbaikan juga segera selesai,’’ tutur pria dengan tiga balok emas di pundak itu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia