Jawa Pos

Terima Magang Siswa SMK Inklusi

Titik Winarti dan Karyawan Penyandang Disabilita­s

-

SURABAYA, Jawa Pos – Enam orang tampak sedang bekerja di Galeri Tiara Handicraft, Jalan Sidosermo Indah. Mereka dibimbing Titik Winarti. Pengusaha yang bergerak di bidang fashion itu memiliki pegawai yang seluruhnya penyandang disabilita­s. Dia menganggap aktivitas tersebut sebagai pengabdian untuk mengembang­kan potensi difabel.

’’Kainnya nanti disambung dengan warna senada, ya,” kata Titik saat membimbing penyandang tunarungu Marcella Elleonora Cahyani menjahit, dalam bahasa isyarat.

Titik memulai usaha fashion pada 1995. Tahun berikutnya, permintaan semakin banyak. Dia pun mulai merekrut pegawai. Berawal dari mempekerja­kan anak-anak yang putus sekolah, Titik mulai memberdaya­kan penyandang disabilita­s. Dari sekitar 80 persen, lambat laun dia hanya mempekerja­kan difabel. ’’Saya mikirnya, yang normal saja masih sulit dapat kerja. Apalagi penyandang disabilita­s,” ujarnya.

Kini, Titik merambah dunia pendidikan. Banyak siswa SMK inklusi yang magang di tempatnya. Mereka tidak hanya berasal dari Surabaya. Ada pula yang datang dari luar kota hingga luar provinsi. Misalnya, Klaten dan Banjarnega­ra. Total ada lima siswa magang di tempat usaha Titik. Mereka diajari menjahit hingga membuat prakarya. ’’Kalau di sekolah, mungkin sekadar bisa. Tidak sampai maksimal dan detail. Saya ingin mereka juga bisa manajemenn­ya,” papar ibu lima anak tersebut.

Titik membina para siswa yang merupakan penyandang tunarungu dan tunagrahit­a itu dengan telaten. Mulai menyambung­kan kain perca, memilah warna yang senada, hingga menjadikan­nya produk seperti tas dan sarung bantal. Setelah membuat produk, mereka belajar tentang pemasaran. ’’Untuk pemasaran, dibantu anak saya juga,” ucap perempuan asli Surabaya itu.

Bagi Titik, membina penyandang disabilita­s adalah pengabdian. Dia merasa senang jika ada siswa yang mahir membuat prakarya hingga menjadikan­nya usaha. Di samping itu, dia masih tetap mempekerja­kan lima karyawan difabel.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ??
ALFIAN RIZAL/JAWA POS
 ?? HANAA SEPTIANA/ JAWA POS ?? PASAR TRADISIONA­L DAN YANG TERABAIKAN: Sugeng Wahyono berdiri di belakang dua lukisan karyanya kemarin.
HANAA SEPTIANA/ JAWA POS PASAR TRADISIONA­L DAN YANG TERABAIKAN: Sugeng Wahyono berdiri di belakang dua lukisan karyanya kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia