Jawa Pos

Gubernur Minta Tambahan Masker

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sejumlah kebijakan strategis dibuat Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa untuk mengantisi­pasi persebaran virus korona (Covid-19) di Jatim.

Salah satunya, berusaha memenuhi kebutuhan alat pelindung diri (APD) di Jatim. Untuk keperluan tersebut, orang nomor satu di Jatim itu mengunjung­i dua pabrik masker.

Dua pabrik yang dikunjungi adalah PT Jayamas Medica Industri (JMI), Jombang, dan PT Beauty Kasatama (BK), Surabaya. Mantan menteri sosial itu melihat langsung pembuatan masker di dua perusahaan tersebut.

Dia juga sempat berkomunik­asi dengan pengusaha serta pegawai di sana. ’’Harapannya, stok untuk wilayah Jatim ditambah,’’ katanya.

Kapasitas produksi setiap pabrik berbeda. PT JMI setiap hari mampu memproduks­i 250 ribu masker. Dari jumlah itu, jatah untuk Jatim hanya 20 persen.

Pemprov berencana membelinya dalam 14 hari ke depan. Dia berharap permintaan itu bisa dipenuhi. ’’Pabrik ini ada di Jawa Timur, dekat. Harapannya bisa dikirim setiap hari,’’ tuturnya.

Khofifah memahami produk dua pabrik tersebut juga dikirim ke daerah lain. Apalagi, saat ini permintaan pasar meningkat. Khofifah tetap berharap permintaan itu bisa dipenuhi. ’’Banyak masyarakat yang membutuhka­n,’’ ucapnya.

Nanti masker tersebut dibagikan kepada masyarakat. Terutama mereka yang sangat rentan tertular dan menularkan. Pola pembagiann­ya sudah disiapkan.

Khofifah menyebutka­n, permintaan itu disambut positif. Perusahaan­perusahaan tersebut berusaha memenuhi kebutuhan Selain itu, perusahaan lebih mengutamak­an kebutuhan lokal daripada luar daerah.

 ?? HUMASPROV FOR JAWA POS ?? PERHATIAN: Khofifah meninjau pembuatan masker di PT Beauty Kasatama, Surabaya.
HUMASPROV FOR JAWA POS PERHATIAN: Khofifah meninjau pembuatan masker di PT Beauty Kasatama, Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia