Jawa Pos

WORLD ATHLETICS DUKUNG IOC

Belum Perlu Penundaan Olimpiade

-

TOKYO, Jawa Pos – Jepang tidak berjuang sendirian untuk menggelar Olimpiade sesuai jadwal. Para petinggi Internatio­nal Olympic Committee (IOC) mendukung penuh upaya Jepang. Di sisi lain, muncul kritik dari berbagai pihak. Khususnya para atlet yang beraksi di Tokyo

Juli mendatang.

Presiden IOC Thomas Bach mengakui, banyak atlet yang khawatir dengan situasi saat ini. Terutama terkait sejumlah kualifikas­i cabor yang dibatalkan dan kesulitan berlatih di tengah pandemi Covid-19. Namun, menurut dia, masih ada waktu empat bulan sebelum Olimpiade dimulai untuk melakukan persiapan dengan baik.

’’Kami akan bertindak dengan penuh tanggung jawab demi kepentinga­n para atlet,’’ papar Bach, sebagaiman­a dikutip ESPN. Olimpiade kini benar-benar dipantau banyak pihak. Pasalnya, ketika sejumlah event besar dibatalkan atau ditunda, Jepang dan IOC masih percaya diri bisa menggelar Olimpiade sesuai jadwal.

Dukungan juga datang dari Presiden World Athletics Sebastian Coe. Menurut dia, masih terlalu dini untuk membatalka­n Olimpiade. Namun, di tengah situasi pelik pandemi Covid-19, IOC juga diharapkan lebih bijaksana dalam membuat keputusan.

Ketua panitia Olimpiade London 2012 itu menuturkan, memundurka­n penyelengg­araan ke September– Oktober sangat memungkink­an. ’’Situasinya berubah setiap saat, itu harus kita hadapi. Tapi, itu bukan keputusan yang harus diambil saat ini (batal atau mundur, Red),’’ terang Coe, sebagaiman­a dikutip Daily Mail.

Coe melanjutka­n, menunda Olimpiade hingga tahun depan bukanlah opsi terbaik. Lantas, bagaimana wacana untuk menunda pergelaran Olimpiade menuju tahun depan seperti halnya Euro?

’’Itu sepertinya usul yang mudah. Namun, federasi olahraga dunia sebenarnya menghindar­i Olimpiade di tahun yang sama dengan kejuaraan dunia mereka,’’ jelas peraih dua emas atletik nomor 1.500 meter pada Olimpiade 1980 dan 1984 tersebut. Sebagaiman­a diketahui, Amerika Serikat dijadwalka­n menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Atletik pada 6–15 Agustus 2021.

 ??  ??
 ?? ARIS MESSINIS/VARIOUS SOURCES/AFP ?? SESUAI JADWAL: Menteri Olahraga Yunani Spyros Capralos menyerahka­n obor Olimpiade kepada mantan atlet renang Jepang Imoto Naoko. Foto atas, aktris Yunani Xanthi Georgiou membawa obor Olimpiade saat upacara penyerahan api Olimpiade Tokyo 2020 di Athena kemarin (19/3).
ARIS MESSINIS/VARIOUS SOURCES/AFP SESUAI JADWAL: Menteri Olahraga Yunani Spyros Capralos menyerahka­n obor Olimpiade kepada mantan atlet renang Jepang Imoto Naoko. Foto atas, aktris Yunani Xanthi Georgiou membawa obor Olimpiade saat upacara penyerahan api Olimpiade Tokyo 2020 di Athena kemarin (19/3).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia