Jawa Pos

Jeda Musim Panas Akhirnya Dimajukan

-

MELBOURNE, Jawa Pos – Akhirnya Formula 1 mengambil keputusan penting. Setelah empat balapan pembuka ditunda, mereka memilih memajukan jeda musim panas

yang semestinya baru dimulai pertengaha­n tahun menjadi bulan ini. Tim peserta pun mendukung keputusan tersebut dengan menghentik­an semua kegiatan di markas masing-masing.

Pada kondisi normal, summer break berlangsun­g selama tiga pekan sampai satu bulan pada kurun waktu antara Juli, Agustus, hingga maksimal September setiap tahunnya. Namun, situasi sulit akibat pagebluk Covid-19 saat ini memaksa F1 memajukann­ya pada Maret–April selama 21 hari atau tiga pekan. Harapannya, jadwal balapan yang sudah tertunda bisa digantikan pada Agustus nanti.

Kebijakan tersebut diambil untuk berkomprom­i dengan Covid-19 yang sudah membatalka­n balapan perdana di Australia. Selain itu, tiga jadwal race di Bahrain, Tiongkok, dan Vietnam turut ditunda. ’’Perubahan tersebut didukung penuh oleh Grup Strategi F1 dan Komisi F1,’’ tulis pernyataan resmi FIA sebagaiman­a dikutip situs resmi Formula 1.

Di sisi lain, belum semua tim memutuskan jadwal penghentia­n kegiatan. Ferraridan­Haasmenjad­iyangperta­ma melakukan shutdown. Yakni, terhitung mulaikemar­in(19/3)hingga8Apr­il2020. Hariini,Renaultdij­adwalkanme­nyusul memulaishu­tdownsampa­i5April202­0. Kemudian Alfa Romeo (23 Maret–12 April),laluRedBul­l(27 Maret–16 April).

’’Kami berencana memulai shutdown pada 27 Maret selama tiga minggu. Namun, karena sifat pandemi ini terus berubah, kemungkina­n bisa berubah lebih fleksibel,’’ sebut keterangan resmi Red Bull.

Ferrari menjadi salah satu tim yang berjuang keras untuk tiba di Australia sebelum akhirnya balapan dibatalkan. Apalagi, dalam tiga pekan terakhir, Italia merupakan salah satu negara yang terdampak Covid-19 paling parah di daratan Eropa.

 ?? WILLIAM WEST/AFP ?? BALIK KUCING: Kru Ferrari saat tiba di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia (13/3), beberapa jam sebelum pengumuman pembatalan GP Australia.
WILLIAM WEST/AFP BALIK KUCING: Kru Ferrari saat tiba di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia (13/3), beberapa jam sebelum pengumuman pembatalan GP Australia.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia