Jawa Pos

Masih Tak Bergeser dari Tiga Nama

Risma Tetap Sering Disebut

-

SURABAYA, Jawa Pos – Siapa saja yang berlaga dalam Pilwali Surabaya mendatang tak terlepas dari tiga nama. Yakni, Machfud Arifin, Whisnu Sakti Buana, dan Eri Cahyadi. Setidaknya, hal itu tergambar dalam survei yang dilakukan Akurat Survei Terukur Indonesia (ASTI).

Menurut Manajer Operasiona­l ASTI Baihaqi Sirajit, tiga nama tersebut memang menjadi top of mind dari responden yang disampling. ”Karena memang selama beberapa waktu terakhir, hanya tiga nama itu yang berada di bursa bacawali,” katanya.

Sejauh ini, memang konstelasi pilwali bakal terpolaris­asi. Koalisi multi parpol mengusung Machfud Arifin dengan PDIP, partai pemenang pileg lalu dengan 15 kursi. Dari partai berlambang banteng moncong putih tersebut, setidaknya sudah ada dua kandidat nama yang diramal mendapat rekomendas­i. Yakni, Wawali Whisnu Sakti Buana dan Kepala Bappeko Eri Cahyadi. Nama terakhir itu kabarnya digadang-gadang Risma.

Uniknya, meski tak bisa lagi menjabat, banyak responden yang tampaknya masih sulit move on dari wali kota yang sekarang, Tri Rismaharin­i. Padahal, Risma tak mungkin maju karena sudah dua periode. ”Meski secara

aturan tidak bisa, ternyata masyarakat masih mengingink­an Bu Risma untuk jadi wali kota lagi,” papar Baihaqi.

Menurut Baihaqi, ketika ditanyakan, banyak responden yang menganggap selama sepuluh tahun kepemimpin­an Risma, Surabaya menunjukka­n perubahan yang lebih baik. Bukan hanya banyak responden, melainkan mayoritas responden. ”Ya, ini memang fakta yang berbicara di lapangan,” terang Baihaqi.

Untuk bursa bacawawali, PDIP menempatka­n dua jagonya. Yakni, Armuji dan Dyah Katarina. Sementara itu, dua nama yang cukup menyodok ke urutan teratas, antara lain, Presiden Persebaya Azrul Ananda. Kemudian, ada juga nama Lia Istifhama. ”Kami lakukan survei di 31 kecamatan dan 154 kelurahan secara acak,” terangnya.

Baihaqi menyatakan, hasil survei yang dia lakukan bukan satu-satunya acuhan. Hasil yang sudah dipaparkan bisa menjadi bahan pertimbang­an atau perbanding­an dengan survei lain. ”Silakan jika memang ingin menjadikan survei ini sebagai indikator,” ucapnya.

Menurut dia, semua kandidat belum dikatakan aman. Kalau memang serius, kata Baihaqi, calon harus benar-benar mau turun untuk menyosiali­sasikan diri kepada masyarakat. ”Kami akui PDIP memang sangat kuat, tapi belum tahu siapa yang akan diusung. Mungkin (partai, Red) masih menghitung siapa yang bisa mengalahka­n Machfud Arifin yang sudah intens turun ke warga,” terangnya.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? Whisnu Sakti Buana
DITE SURENDRA/JAWA POS Whisnu Sakti Buana
 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? Eri Cahyadi
DITE SURENDRA/JAWA POS Eri Cahyadi

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia