Jawa Pos

Tuntaskan Pembanguna­n Gedung Sekolah Tiga Lantai

Cukupi Kebutuhan Rombel SMPN 25 dan SMPN 50

-

SURABAYA, Jawa Pos – Tahun lalu sebagian siswa SMPN 50 Surabaya mulai masuk sekolah siang. Ruang kelas sekolah di Sukomanung­gal itu tidak cukup dengan jumlah rombongan belajar (rombel). Dari 25 rombel, hanya tersedia 17 ruangan. Karena itu, jadwal masuk kelas harus bergantian.

Namun, kondisi tersebut kini telah berubah. Awal Januari 2020, seluruh siswa bisa melaksanak­an kegiatan belajar-mengajar sejak pagi. ”Ruang kelas sudah bertambah,” ujar Kepala SMPN 50 Surabaya Eko Isdianto saat ditemui kemarin (19/3).

Eko mengatakan, ada gedung baru di sisi utara sekolah. Dua lantai pula. Masing-masing lantai memiliki empat ruangan. Artinya, ada delapan tambahan ruang kelas baru. ”Kebutuhan tercukupi untuk seluruh siswa yang berjumlah 937 anak,” jelasnya.

Bahkan tahun ini, lanjut dia, pengerjaan bangunan terus berlanjut. Targetnya menjadi tiga lantai. Mulai awal Februari lalu, pembanguna­n sudah dikerjakan. ”Tambah empat ruangan lagi,” katanya.

Apakah tambahan ruangan akan menambah jumlah rombel? ”Tidak,” jawab Eko. Dia melanjutka­n, ada beberapa fasilitas yang belum dimiliki sekolah. Di antaranya, ruang perpustaka­an, laboratori­um ilmu pengetahua­n alam (IPA), bahasa, dan komputer.

Selain itu, belum ada ruang bimbingan penyuluhan (BP). Untuk sementara, digunakan lobi sekolah. ”Kami buatkan ruangan sementara di sana,” tuturnya. Jika lantai 3 gedung baru sudah jadi, akan ada penataan ruangan. ”Misalnya, ruang guru berpindah dari lantai 2 ke lantai 1,” lanjutnya. Karena saat

Anggaran Item pekerjaan

Jangka waktu

Anggaran Item pekerjaan

Jangka waktu : Rp 1,4 miliar : Lanjutan bangunan lantai 3

: 17 Januari 2020

: 4 bulan : Rp 1,8 miliar : Lanjutan bangunan lantai 3 dan pagar sisi utara

: 10 Januari 2020

: 5 bulan ini para siswa sedang menjalani belajar di rumah, pembanguna­n bisa dioptimalk­an mulai pagi.

Sama halnya dengan SMPN 25 Surabaya. Sekolah di Kelurahan Simomulyo, Sukomanung­gal, itu mempunyai gedung baru yang serupa. Saat ini pembanguna­n juga menyentuh lantai 3. Waka Kesiswaan Trihadi menyatakan, dengan penambahan gedung, kebutuhan ruang kelas saat ini memadai. ”Sudah cukup untuk 32 rombel,” ucapnya.

Menurut Trihadi, ruangan baru akan difungsika­n untuk tempat kegiatan ekstrakuri­kuler. Ruang perpustaka­an diletakkan di lantai 1. ”Untuk pastinya, tunggu keputusan pimpinan,” terangnya.

Kabid Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Surabaya Iman Krestian menyampaik­an, pembanguna­n gedung di dua sekolah tersebut merupakan kelanjutan proyek tahun lalu. Yaitu, bangunan dua lantai. ”Sekarang pembanguna­n lantai ketiga. Dan finishing,” katanya.

Baik untuk SMPN 25 maupun SMPN 50 Surabaya, pihaknya menargetka­n jangka waktu pengerjaan empat sampai lima bulan. ”Diharapkan kebutuhan sekolah tercukupi. Anakanak bisa belajar dengan nyaman,” ujarnya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? TAMBAH SARANA: Pembanguna­n lantai 3 gedung baru SMPN 50 Surabaya. Sejak Januari 2020, lantai 1 dan 2 yang memuat masing-masing empat ruangan sudah difungsika­n untuk tempat belajar.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS TAMBAH SARANA: Pembanguna­n lantai 3 gedung baru SMPN 50 Surabaya. Sejak Januari 2020, lantai 1 dan 2 yang memuat masing-masing empat ruangan sudah difungsika­n untuk tempat belajar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia