Jawa Pos

Kendaraan Masih Parkir di Pinggir Jalan

Park and Ride GRS Minim Peminat

-

SURABAYA, Jawa Pos – Saat malam tiba, kawasan Stadion Gelora 10 November selalu penuh dengan deretan kendaraan roda dua. Ada yang berkunjung ke taman atau sentra pedagang kaki lima (PKL) baju tim sepak bola. Padahal, ada parkir yang lebih luas. Lokasinya berada di Gelanggang Remaja Surabaya (GRS).

Park and ride GRS berlokasi di sisi utara Stadion Gelora 10 November. Tempat parkir tersebut dioperasik­an sejak pertengaha­n 2018. Selain lebih tertata, sistem parkir sudah elektronik. Bangunanny­a cukup luas karena terdiri atas tiga lantai. Kapasitas kendaraan roda dua mencapai 640 unit. Untuk roda empat, kapasitasn­ya 25 unit. Rata-rata tiap hari tempat parkir itu hanya terisi 30–50 kendaraan. ’’Sebagian besar sepeda motor,” kata Kasi Pengelolaa­n Parkir Dishub Surabaya Wandi Fauzi.

Wandi menyatakan, parkir di GRS terbuka untuk umum. Termasuk warga yang mengunjung­i taman dan PKL. ’’Memang masyarakat bisa memanfaatk­an parkir itu, daripada parkir di tepi jalan,’’ ujarnya.

Namun, pihaknya tidak bisa menampik jika banyak yang memilih di dekat lokasi. Wandi mengaku upaya untuk mengalihka­n ke park and ride itu pernah dilakukan. Namun, pengunjung enggan berjalan lebih jauh. Di sisi lain, area sekitar stadion dan taman masuk sebagai zona parkir sehingga tidak ada sanksi jika ada yang parkir di sana. ’’Petugas yang berjaga juga resmi, berasal dari kami,’’ tuturnya.

Soal dampak arus lalu lintas, lanjut Wandi, pihaknya akan mengevalua­si hal tersebut. Khususnya, malam akhir pekan. Kemacetan sering terjadi. Sebab, parkir kendaraan memakan badan jalan. ’’Secara bertahap parkir akan dipindah ke lokasi park and ride. Ke depan kami arahkan di sana semua,’’ ungkapnya.

Keberadaan parkir di GRS bertujuan mengantisi­pasi jika ada kegiatan besar. Parkir kendaraan tidak sampai memakan jalan yang bisa membuat kemacetan.

Apalagi, saat ini ada sarana tambahan di GRS. Ada masjid dan broadband learning center (BLC). ’’Fasilitas baru diharapkan bisa menarik warga parkir di GRS,” pungkasnya.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? TAMPUNG 600 KENDARAAN: Gedung parkir berlantai tiga di Gelanggang Remaja Surabaya (GRS), Tambaksari, masih sepi.
DIMAS MAULANA/JAWA POS TAMPUNG 600 KENDARAAN: Gedung parkir berlantai tiga di Gelanggang Remaja Surabaya (GRS), Tambaksari, masih sepi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia