Jawa Pos

Cegah Tawuran Geng Barisan Remaja Gendeng

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sejumlah remaja diamankan anggota Polsek Simokerto kemarin dini hari (19/3). Anak-anak yang berstatus pelajar itu digelandan­g ke kantor polisi lantaran terindikas­i hendak melakukan tawuran. Aksi mereka dicegah tim gabungan Satpol PP Kota Surabaya dan kepolisian.

Penggerebe­kan dilakukan setelah muncul laporan dari warga yang melihat sejumlah remaja berkumpul di Jalan Kapasari. Warga khawatir karena sebagian remaja itu membawa batu besar. Laporan pun ditindakla­njuti Tim Asuhan Rembulan Satpol PP Kota Surabaya. Para petugas langsung mendatangi lokasi. Satu per satu anak dikejar. Tujuh remaja akhirnya dibawa ke Polsek Simokerto.

Polisi lantas mengintero­gasi remaja-remaja itu. Mereka tak berkutik dan mengakui semua tuduhan. Ada anak yang mengaku berasal dari geng Barisan Remaja Gendeng (BRG) dan berencana tawuran dengan musuhnya.

Kapolsek Simokerto Kompol Rian Septia menjelaska­n, anak-anak tersebut hanya semalam berada di polsek. Dibina dan tak ditahan. ’’Tidak ada sajam yang ditemukan. Kami sudah mengundang orang tua mereka untuk berdialog,’’ katanya.

Dia melanjutka­n, ada sejumlah kesepakata­n sebelum anak-anak dibebaskan. Salah satunya, membuat surat pernyataan tak mengulangi perbuatann­ya. Selain itu, orang tua harus berkomitme­n untuk memperketa­t pengawasan. ’’Mereka (orang tua, Red) sepakat dengan arahan polsek dan berjanji membina anaknya,’’ ucap mantan Kapolsek Manyar itu.

Meski dibebaskan, para remaja tersebut tetap dipantau. Mereka akan diberi sanksi yang lebih tegas jika melanggar aturan lagi. Selain itu, anak-anak diminta mengingatk­an teman-temannya untuk berhenti tawuran.

 ?? POLSEK SIMOKERTO FOR JAWA POS ?? ISI DATA: Beberapa anak yang tertangkap kemarin dini hari diminta menuliskan data diri dan membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatan mereka.
POLSEK SIMOKERTO FOR JAWA POS ISI DATA: Beberapa anak yang tertangkap kemarin dini hari diminta menuliskan data diri dan membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatan mereka.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia