Jawa Pos

Penumpang Penerbanga­n Internasio­nal Menurun

Mayoritas karena Larangan Umrah

-

SURABAYA, Jawa Pos – Mewabahnya virus korona berdampak pada semua instansi. Termasuk Bandara Internasio­nal Juanda. Terjadi penurunan jumlah penumpang. Terutama pada penerbanga­n internasio­nal. Hal tersebut diperparah adanya larangan jamaah umrah ke Tanah Suci.

Berdasar data tahun lalu, penerbanga­n jamaah umrah berkisar 19 juta orang. Atau, menyumbang 13 persen dari total traffic penumpang di Juanda. Bahkan, pada 2018 angkanya mencapai 20 juta. ’’Larangan sementara untuk jamaah umrah ini membuat jumlah penumpang di Juanda menurun,’’ kata Communicat­ion and Legal Manager Bandara Internasio­nal Juanda Yuristo Ardhi kemarin (19/3).

Tahun ini, Januari–Maret, tercatat ada 3.287.498 penumpang yang berangkat dari Juanda. Baik penerbanga­n lokal maupun internasio­nal. Pria yang akrab disapa Yuris itu mengatakan, tahun lalu dengan durasi sama, terdapat 3.302.714 penumpang.

’’Penurunann­ya hanya 0,46 persen,’’ katanya. ’’Yang paling terdampak penerbanga­n internasio­nal,’’ imbuhnya.

Menurut Yuris, penerbanga­n internasio­nal di Juanda didominasi

jamaah umrah. Nah, adanya larangan itu memang sangat berdampak. Namun, rute luar negeri lainnya masih normal saja meski terjadi sedikit penurunan. Terutama untuk penerbanga­n ke Tiongkok karena ada larangan penerbanga­n dari negara tersebut.

Penerbanga­n domestik di terminal 1 (T1) bisa dikatakan tidak terdampak korona. ’’Kalaupun turun, itu juga terjadi di seluruh bandara,’’ terang Yuris.

Sebab, sambung Yuris, beberapa tahun terakhir jumlah penumpang pesawat di berbagai bandara turun. Penyebabny­a banyak. Di antaranya, naiknya harga tiket pesawat dan tersambung­nya tol trans-Jawa. ’’Makin banyak warga yang memilih jalan darat,’’ katanya.

Sementara itu, penundaan penerbanga­n ke Jeddah, kata Yuris, masih menunggu kabar lanjutan. Sebab, semua keputusan ada di pihak pemerintah Saudi. Selain itu, pihaknya menunggu pernyataan dari pemerintah. ’’Kalaupun sudah diperboleh­kan, pihaknya juga siap dan tidak ada masalah,’’ lanjutnya.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? LENGANG: Calon penumpang berada di Terminal 2 Bandara Internasio­nal Juanda. Penurunan jumlah penumpang terjadi pada penerbanga­n internasio­nal.
DIPTA WAHYU/JAWA POS LENGANG: Calon penumpang berada di Terminal 2 Bandara Internasio­nal Juanda. Penurunan jumlah penumpang terjadi pada penerbanga­n internasio­nal.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia