Jawa Pos

Pilih Yoga untuk Kelenturan dan Pernapasan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Dokter Lili Soetjipto MSi lebih memilih olahraga yang tidak bertumpu pada berat badan. Pilihannya adalah yoga. Menurut dia, di usia yang sudah senior, pemilihan olahraga harus benarbenar tepat. Sebab, jika tubuh sebelumnya tidak terbiasa, bisa timbul efek yang tidak baik.

Lili kembali menekuni yoga awal tahun ini. ”Sebelum masuk S-2 tahun 2016, saya pernah ikut yoga. Tapi, karena kuliah lagi, sempat berhenti dulu yoganya,” tutur dia saat ditemui di kantornya, RS Adi Husada, Undaan, kemarin (19/3). Menurut dia, yoga menjadi olahraga yang tepat untuk tubuh seusianya. ”Soalnya bisa melatih kelenturan sama pernapasan, ya,” ujarnya.

Sebelumnya, olahraga yang rutin dilakukan oleh perempuan 51 tahun itu adalah berenang. Namun, karena berenang membutuhka­n tempat yang khusus, dia jadi tidak bisa aktif. ”Selain itu, kadang airnya juga nggak cocok di kulit dan rambut. Jadi, yoga kayaknya emang paling pas,” sambung dia.

Terlebih, dia mengaku mendapat manfaat dari yoga saat menarik ritsleting baju di bagian belakang. Bagi sebagian orang yang sudah berumur, menarik ritsleting di bagian belakang baju akan sulit karena tubuh sudah tidak selentur waktu muda. ”Itu pengalaman saya pribadi. Pas ngeritslet­ingin baju itu jadi gampang,” terangnya, lantas tertawa.

Untuk berlatih yoga sendiri, Lili biasanya mendatangk­an guru khusus dan berolahrag­a bareng teman-temannya atau langsung ke tempat yang menggelar kelas yoga. ”Biasanya, kami bakal yoga seminggu dua kali, Senin sama Jumat. Tapi, kalau nggak bisa, kami biasanya seminggu sekali. Bergantung sikon pokoknya,” imbuhnya.

Namun, menurut dia, keteratura­n dalam berolahrag­a memang penting. Meski tidak bisa sering, olahraga tetap wajib dilakukan untuk membuat tubuh lebih sehat lagi. Terlebih ketika musim virus seperti sekarang. ”Nggak perlu takut. Di yoga, saat olahraga pun sudah ada jarak antar peserta. Jadi, untuk membuat tubuh tetap fit, yoga bisa jadi pilihan,” tambahnya. Terlebih, yoga juga bisa dilakukan secara mandiri di rumah.

 ?? MARIYAMA DINA/JAWA POS ?? NAMASTE: Dokter Lili dijumpai di kantornya, RS Adi Husada, kemarin.
MARIYAMA DINA/JAWA POS NAMASTE: Dokter Lili dijumpai di kantornya, RS Adi Husada, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia