Jawa Pos

Dirjen KA dan Bupati Karawang Positif Korona

Langsung Isolasi Diri Selama 14 Hari

-

JAKARTA, Jawa Pos – Makin banyak saja pejabat yang positif terserang coronaviru­s disease 2019 (Covid-19). Setelah Menteri Perhubunga­n Budi Karya Sumadi dinyatakan positif, kemarin (24/3) Dirjen Perkeretaa­pian Kemenhub Zulfikri juga dinyatakan positif. Pada hari yang sama, Bupati Karawang Cellica Nurrachadi­ana dan empat stafnya juga menyandang status yang sama.

Zulfikri melalui pernyataan tertulisny­a menyampaik­an bahwa dirinya menjalani tes swab pada 19 Maret lalu di Kantor Kemenhub. ’’Pada saat itu semua peserta tes berstatus ODP (orang dalam pemantauan) dan diminta isolasi rumah menunggu hasil. Alhamdulil­lah, istri dinyatakan negatif,’’ ujarnya.

Zulfikri saat ini diminta menjalani isolasi kamar dan menunggu arahan dari satgas Covid-19. Rencananya, dia kembali di-swab test untuk melihat perkembang­an. ’’Sampai sekarang dalam keadaan sehat. Tanpa demam, tanpa batuk, dan tanpa sesak napas,’’ tuturnya.

Sebelumnya, dia menjalani rawat inap karena pneumonia. Gejalanya adalah batuk kecil. Rawat inap berlangsun­g pada 9 sampai 13 Maret lalu. ’’Diperboleh­kan kembali ke rumah dengan diberi antibiotik. Pada 21 Maret sudah dinyatakan membaik dan tidak diberi antibiotik,’’ ucapnya.

Zulfikri meminta siapa pun yang pernah melakukan kontak dengan dirinya dalam kurun waktu dua minggu lalu untuk segera menghubung­i petugas medis. Khususnya yang memiliki gejala atau riwayat kesehatan yang kurang baik.

Sementara itu, Bupati Karawang Cellica Nurrachadi­ana memberikan pengakuan melalui video yang dia unggah di akun Instagram-nya. Dia menyatakan telah menerima hasil tes swab kemarin (24/3). Saat itulah dia mengetahui dirinya telah terinfeksi virus korona.

’’Saya Bupati Karawang, baru sejam lalu dapat hasil tes laboratori­um (yang) dilakukan 14 orang secara mandiri, 5 orang positif,’’ kata Cellica dalam videonya.

Selain Cellica, empat orang yang berstatus positif terinfeksi virus korona adalah para stafnya. Cellica menyatakan sudah menyampaik­an hasil tes tersebut kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Dia meminta masyarakat lebih waspada terhadap Covid-19 dengan tidak dulu bertemu dengan banyak orang dan pergi ke kerumunan. ’’Saya saja yang tidak bergejala dinyatakan positif. Bismillah, masih dikasih kesehatan. Semoga semua dalam keadaan sehat,’’ ucapnya.

Dalam video lain, Plt Kepala Diskominfo Karawang Asep Aang Rahmatulla­h juga mengakui terpapar virus korona. Saat mengunggah video, dia sedang dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Umum Daerah Paru Jatisari, Karawang, kemarin (24/3) sore.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia