Jawa Pos

Fraksi PKS-PAN Realisasik­an Potong Gaji

Kirim APD untuk Tenaga Medis

-

JAKARTA, Jawa Pos – PKS merealisas­ikan pemotongan gaji seluruh anggota parlemen secara nasional. Mulai anggota DPR, DPRD provinsi, hingga DPRD kabupaten. Hasilnya digunakan untuk pengadaan alat pelindung diri (APD) bagi dokter dan tenaga medis yang berjuang menangani pasien Covid-19.

Kemarin (26/3) alat-alat tersebut dikirim ke kantor Pengurus Besar

Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI). Bantuan diterima langsung oleh Ketua Umum IDI dr Daeng M. Faqih.

Sebagian alat kesehatan itu juga disalurkan melalui Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). Pendistrib­usian APD dipimpin langsung oleh Presiden PKS M. Sohibul Iman. ”Kita harus mendukung penuh tenaga medis yang berjuang menyelamat­kan rakyat. Dokter-dokter tidak boleh kekurangan APD,” kata Sohibul kemarin.

Dia mengungkap­kan, bantuan tersebut adalah bentuk konkret kepedulian PKS memenuhi kebutuhan APD. Itu merupakan bentuk solidarita­s dan dukungan moral kepada para dokter sebagai garda terdepan dalam berjuang melawan virus korona. ”Kami membantu dalam batas kemampuan dan kewenangan yang dimiliki,” ujarnya.

Ketua Fraksi PKS di DPR Jazuli Juwaini meminta pemerintah tetap tanggap mengatasi kekurangan APD di sejumlah rumah sakit. Distribusi harus dilakukan dengan cepat dan merata. Selain menggunaka­n APBN, pemerintah bisa menggalang dana swasta yang ingin berpartisi­pasi dengan sukarela. ”Ini saatnya kita berkolabor­asi dan bahu-membahu,” imbuh anggota Komisi I DPR itu.

Fraksi PAN juga sepakat untuk memotong gaji untuk membantu pengadaan APD. Anggota Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay menyatakan, pemotongan gaji anggota mencapai 50 persen. Anggaran tersebut selanjutny­a digunakan untuk membeli APD dan bakal disebarkan ke seluruh daerah yang terjangkit virus korona. ”Ini bukan wacana lagi. Tapi sudah dalam bentuk keputusan fraksi,” jelas Saleh.

 ?? HUMAS PKS ?? PARPOL PEDULI: Presiden PKS M. Sohibul Iman (tiga dari kanan) menyerahka­n bantuan alat pelindung diri (APD) kepada pengurus Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) di Jakarta, kemarin (26/3). Bantuan diterima langsung oleh Ketua Umum PPNI Harif Fadhillah (lima dari kiri).
HUMAS PKS PARPOL PEDULI: Presiden PKS M. Sohibul Iman (tiga dari kanan) menyerahka­n bantuan alat pelindung diri (APD) kepada pengurus Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) di Jakarta, kemarin (26/3). Bantuan diterima langsung oleh Ketua Umum PPNI Harif Fadhillah (lima dari kiri).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia