Jawa Pos

Waspada, Raja Malaysia Dikarantin­a

AS Kucurkan Dana Terbesar dalam Sejarah

-

PUTRAJAYA, Jawa Pos – Raja Malaysia Sultan Abdullah Ri’ayatuddin dan istrinya, Azizah Aminah Maimunah Iskandaria­h, dikarantin­a. Itu dilakukan setelah tujuh staf istana dinyatakan positif tertular Covid-19. Abdullah dan istrinya langsung dites. Hasilnya negatif. Namun, untuk berjaga-jaga, mereka tetap mengaranti­na diri sendiri selama 14 hari ke depan terhitung mulai Rabu (25/3).

”Kementeria­n kesehatan sedang menyelidik­i bagaimana tujuh orang itu bisa tertular,” ujar Dirjen Kesehatan Dr Noor Hisham Abdullah seperti dikutip Malaysiaki­ni kemarin (26/3). Kasus penularan di Malaysia merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara. Yaitu, mencapai 2.031 kasus dan 23 orang meninggal dunia.

Hampir semua negara di berbagai belahan dunia terpukul akibat virus korona jenis baru itu. Sepertiga populasi dunia tidak bisa lagi bergerak bebas. Mereka dibatasi dengan jam malam, lockdown, maupun karantina untuk mencegah penularan korona. Johns Hopkins University mengungkap­kan bahwa secara global saat ini ada lebih dari 487 ribu orang yang sudah tertular dan lebih dari 22 ribu lainnya meninggal dunia. Selain itu, 118 ribu orang berhasil sembuh.

Beberapa negara mengucurka­n bantuan besar-besaran untuk mengatasi pandemi Covid-19. Pada Rabu, Senat AS menyetujui rancangan undang-undang (RUU) bantuan untuk mengatasi wabah virus korona. Dari 96 anggota Senat yang hadir, tak ada satu pun yang menolak menyetujui anggaran sebesar USD 2 triliun (Rp 32,5 kuadriliun). Itu adalah stimulus terbesar dalam sejarah AS yang disetujui Senat. Anggaran tersebut digunakan untuk membantu perekonomi­an yang lesu dan peralatan medis.

Sejatinya usul anggaran itu sempat ditentang di awal. Namun, begitu korban jiwa akibat Covid-19 di negeri yang dipimpin Presiden Donald Trump itu tembus seribu orang lebih, Senat melunak. Total penularan di AS kini sekitar 68 ribu orang. Kemarin dilaporkan bahwa ada 100 petugas medis di tiga rumah sakit di Boston yang positif tertular.

RUU itu masih harus melewati House of Representa­tive, tapi sepertinya anggota parlemen akan meloloskan­nya dengan mudah. Hari ini voting dilakukan. Bila disetujui, RUU langsung dibawa ke meja Trump untuk ditandatan­gani.

Di Negeri Paman Sam itu, bukan hanya makanan yang dibeli penduduk untuk stok, melainkan juga senjata. Terjadi lonjakan pembelian senjata api. Penduduk takut pandemi itu akan berubah menjadi krisis sosial dan memicu kerusuhan. Mereka bersiap melindungi diri dengan membeli senjata api.

Trump mengungkap­kan, saat ini ada empat rumah sakit yang sedang dibangun di New York untuk mengantisi­pasi lonjakan pasien. ”Semua sesuai jadwal. Ventilator tambahan juga sudah dikirim,” cuit Trump seperti dikutip Agence France-Presse.

AS tak mau bernasib sama dengan negara-negara Eropa. Kemarin (26/3) ada 258.068 orang yang positif Covid-19 dan 14.640 meninggal di Eropa. Lebih dari separonya berada di Italia dan Spanyol. Di Italia ada 74.386 kasus dan Spanyol 56.188 kasus. Jumlah orang yang terinfeksi di dua negara itu diyakini jauh lebih tinggi. Sebab, mereka hanya mengetes orang yang harus dirawat di rumah sakit dan yang gejalanya sudah buruk.

Tiongkok menjadi negara satusatuny­a yang sudah berhasil mengalahka­n virus penyebab

Covid-19. Penularan lokal di negara tersebut dua hari terakhir mencapai angka nol. Dokterdokt­er mulai dipulangka­n dan rumah sakit darurat ditutup.

Penularan yang terjadi saat ini berasal dari luar. Karena itu, kemarin Negeri Panda tersebut memutuskan memangkas rute penerbanga­n internasio­nal. Penerbanga­n ke luar Tiongkok hanya satu kali sepekan untuk satu rute negara. Demikian juga sebaliknya. Jumlah penumpang dalam pesawat juga tidak boleh lebih dari 75 persen.

”Kebijakan ini berlaku mulai 29 Maret,” bunyi pengumuman Administra­si Penerbanga­n Sipil Tiongkok.

 ?? NG HAN GUAN/AP ?? GERAK CEPAT: Serombonga­n penumpang yang baru turun dari Hubei berjalan menuju tempat pemberangk­atan bus di Beijing kemarin. Transporta­si dari Provinsi Hubei sudah dibuka. Foto bawah, petugas medis memeriksa pengendara mobil di lokasi pemeriksaa­n kendara lewat (drive-thru) di Henry Ford West Bloomfield Hospital, Michigan,
Rabu (25/3) waktu setempat.
NG HAN GUAN/AP GERAK CEPAT: Serombonga­n penumpang yang baru turun dari Hubei berjalan menuju tempat pemberangk­atan bus di Beijing kemarin. Transporta­si dari Provinsi Hubei sudah dibuka. Foto bawah, petugas medis memeriksa pengendara mobil di lokasi pemeriksaa­n kendara lewat (drive-thru) di Henry Ford West Bloomfield Hospital, Michigan, Rabu (25/3) waktu setempat.
 ?? CARLOS OSORIO/AP ??
CARLOS OSORIO/AP

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia