Jawa Pos

Energi Angin Pecahkan Rekor

-

BRUSSEL, Jawa Pos – Pengembang­an energi terbarukan dalam tingkat global terus menunjukka­n kabar baik. Rabu (25/3) Global Wind Energy Council (GWEC) merilis laporan pengembang­an energi listrik tenaga angin di dunia tahun lalu. Menurut mereka, pertumbuha­n energi tersebut kembali memecahkan rekor.

Chief Executive GWEC Ben Backwell memaparkan, total kapasitas dari pembangkit listrik tenaga angin yang dipasang tahun lalu mencapai 60,4 gigawatt (GW). Angka tersebut lebih besar 19 persen daripada rekor 2018. Pemasangan tersebut didominasi Tiongkok dan AS. Dua negara itulah yang menguasai 60 persen dari total kapasitas baru.

Pembangkit baru tahun lalu membuat total kapasitas energi angin global menjadi 651 GW. Naik 10 persen jika dibandingk­an dengn tahun lalu.

”Sektor energi angin terus mengalami pertumbuha­n yang konsisten. Ini membuktika­n bahwa sektor tersebut merupakan energi terbarukan dengan ongkos yang kompetitif,” ungkap dia seperti dilansir The Guardian.

Rekor 2019 disertai banyak kemajuan. Pasalnya, dua pertiga dari kapasitas yang baru terpasang melalui proses pelelangan komersial. Itu berarti, sebagian besar pelaku industri pembangkit listrik tenaga angin tak lagi mengandalk­an tarif subsidi alias feed-in tariffs.

Industri tersebut juga melihat kemajuan pada salah satu sektor baru. Yakni, pembangkit tenaga angin lepas pantai. Tahun lalu total kapasitas dari lapangan turbin angin di lautan mencapai 6,1 GW. Tambahan tersebut membuat total kapasitas energi angin lepas pantai menjadi 29,1 GW. Kontribusi terbesar masih dipegang Inggris dengan total 9,7 GW.

Sampai saat ini, industri energi angin masih didominasi wilayah Asia-Pasifik dan Eropa. Namun, GWEC melihat wilayah Asia Tenggara sebagai pemain baru yang bisa ikut mendominas­i industri tersebut. Negara yang diprediksi memimpin wilayah tersebut adalah Thailand dan Vietnam.

 ?? INA FASSBENDER/AFP ?? NAIK DAUN: Kincir angin pembangkit listrik yang berdamping­an dengan tambang batu bara di Inden, Jerman.
INA FASSBENDER/AFP NAIK DAUN: Kincir angin pembangkit listrik yang berdamping­an dengan tambang batu bara di Inden, Jerman.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia