Jawa Pos

Dianggap Anak Tiri meski Rasanya Nikmat

Ada satu sensasi yang bisa diperoleh saat berburu si raja buah di Pacitan. Yakni, kekayaan akan pohon yang sudah berusia matang. Banyak varietas unggul yang dihasilkan pohon tua itu. Salah satunya durian suyat.

-

DUSUN Sono di Desa Kali Kuning, Kecamatan Tulakan, hanya sebagian kecil dari banyaknya wilayah penghasil buah durian di Kabupaten Pacitan. Namun, ada satu hal yang membuat wilayah itu begitu dikenal.

Durian asal dusun itu dikenal memiliki keunggulan. Baik dari segi rasa, tekstur daging buah, maupun ukurannya. Salah satu penyebabny­a adalah banyaknya pohon tua yang masih terawat.

Ada sejumlah varietas yang cukup diacungi jempol. Di antaranya, durian milik Mbah Suyat. Bobotnya lebih besar dari durian kebanyakan. Bisa sampai 2-3 kilogram. Sesuai dengan pemilik pohon, orang menyebutny­a durian suyat.

Sekilas, varietas itu tak begitu menarik mata yang memandang. Sebab, warnanya tidak terlalu mencolok. Putih susu. Namun, menilai durian memang tak bisa hanya dilihat dari casing-nya.

Saat dibelah, daging buahnya yang menyembul terlihat kering. Namun, ketika disentuh, terasa punel dan creamy. Saat dicoba, rasanya manis legit. Kemudian, ada gurih dan sedikit asam. Tak sampai di situ, penikmat durian itu juga bakal merasakan pahit tipis di akhir kunyahan.

Pemilik pohon dan petani durian Jumiatin mengatakan, durian suyat memang sering menjadi anak tiri dibanding jenis lokal lain. Tampilan yang kurang menarik jadi pemicunya. ’’Tapi, dibanding dengan sebagian durian yang fisiknya terlihat menarik, rasanya lebih nikmat durian suyat,” paparnya.

Karena itu, biasanya penggemar durian suyat adalah mereka yang memang benar-benar maniak dan paham durian. ”Biasanya, mereka mencari durian memang karena rasanya. Warna tidak jadi ukuran,” paparnya.

Kepala Dusun Sono Sukarno mengatakan, ada sejumlah faktor yang membuat durian digemari. Namun, yang paling utama adalah tetap rasanya. ”Baru disusul ketebalan buah serta tekstur dagingnya,” katanya.

Sukarno menambahka­n, durian dengan kriteria seperti itu banyak terdapat di wilayahnya. Hanya, ketersedia­annya terbatas. Apalagi musim ini hasil buah durian turun.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? PUTIH SUSU: Sekilas, tampilan durian suyat tak begitu menarik. Tapi, kualitas daging buahnya bikin penggemar susah berpaling.
BOY SLAMET/JAWA POS PUTIH SUSU: Sekilas, tampilan durian suyat tak begitu menarik. Tapi, kualitas daging buahnya bikin penggemar susah berpaling.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia