Jawa Pos

Bisa Minta Separo Plus Tim Medis-Psikologi

-

SEBAGAI negara Eropa kedua yang paling banyak terdampak virus korona, Spanyol juga tidak bisa memutar kompetisi dalam waktu dekat. Seperti Premier League, kompetisi di Negeri Matador diundur setidaknya sampai akhir April. Bahkan, pengundura­n tersebut bisa berlanjut sampai akhir Juni.

Seiring La Liga sudah stop sejak dua pekan lalu, setidaknya ada empat bulan yang harus dilalui klub-klub di Spanyol tanpa pemasukan. Di sisi lain, pengeluara­n yang nominalnya tidak sedikit tetap berjalan. Hal itulah yang memantik kekhawatir­an sejumlah klub.

”Situasi yang terjadi saat ini memang tidak terduga. Tetapi, klub juga tidak bisa terus berkomprom­i. Apalagi, kami baru saja mengeluark­an biaya transfer mahal pada Januari lalu,” kata pemilik Villarreal Fernando Roig kepada El Periodico Mediterran­eo. Ya, di bursa transfer Januari lalu, Kapal Selam Kuning –julukan Villarreal– mendatangk­an striker Paco Alcacer dengan banderol EUR 23 juta atau sekitar Rp 410 miliar.

Keluhan Villarreal itu pun didengar RFEF (PSSI-nya Spanyol). Mereka telah mengajukan tawaran kepada tim-tim di La Liga maupun Segunda Division berupa pinjaman dana total EUR 500 juta (Rp 8,9 triliun). Uang tersebut bermaksud difungsika­n untuk biaya operasiona­l klub selama kompetisi ditunda. Salah satunya dialokasik­an untuk menanggung sebagian atau seluruh gaji pemain.

”Ini (rencana meminjamka­n uang, Red) sudah kami sosialisas­ikan. Kami terus bekerja dengan etos luar biasa agar kompetisi bisa dilanjutka­n,’’ ucap Presiden RFEF Luis Rubiales seperti dilansir AS kemarin (26/3).

Nominal pinjaman yang ditawarkan RFEF tidak hanya ”disambar” klub kecil sampai medioker. Klub besar seperti FC Barcelona dan Real Madrid juga tergiur karena beberapa pemain bintang mereka bisa menelan gaji EUR 300 juta (Rp 5,34 triliun) per musim. Salah seorang penggawa Barca dengan gaji selangit adalah kapten Lionel Messi yang menerima EUR 5 juta (Rp 89 miliar) per bulan.

Setali tiga uang dengan Real. Meski tidak ada lagi sosok pemain dengan gaji wah seperti Cristiano Ronaldo, tagihan gaji Los Merengues semusim masih di kisaran EUR 250 juta (Rp 4,45 triliun).

Hanya, klub tidak diharuskan meminjam semua uang yang ditawarkan RFEF. Mereka bisa meminjamny­a separo. Itu juga termasuk bantuan nonfinansi­al seperti tim medis dan tim psikologi. ”Tim medis-psikologi sangat dibutuhkan oleh klubklub amatir di Spanyol karena bantuan (pinjaman dana) kami juga menyasar ke mereka,” tutur Rubiales. Hanya, supaya tidak memberatka­n saat pengembali­an, pinjaman klubklub amatir dibatasi sampai EUR 4 juta (Rp 71,3 miliar).

’’Kami juga terus mempertimb­angkan untuk kembali melanjutka­n kompetisi di luar 30 Juni 2020 (deadline dari UEFA, Red) sehingga beban (keuangan) klub tidak berlangsun­g terlalu lama,’’ ungkap Rubiales.

 ?? JOSE JORDAN/STR/AFP ?? DAPAT BANTUAN: Gelandang Villarreal Santi Cazorla (kiri) berebut bola dengan bek kanan Getafe Damian Suarez di Estadio de la Ceramica dalam ajang La Liga (22/12/2019). Klubklub di Spanyol bakal dipinjami dana oleh RFEF di masa rehat kompetisi.
JOSE JORDAN/STR/AFP DAPAT BANTUAN: Gelandang Villarreal Santi Cazorla (kiri) berebut bola dengan bek kanan Getafe Damian Suarez di Estadio de la Ceramica dalam ajang La Liga (22/12/2019). Klubklub di Spanyol bakal dipinjami dana oleh RFEF di masa rehat kompetisi.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia