Jawa Pos

GP Spanyol Ditunda

Rossi Mundur, Balapan Virtual Diikuti 10 Pembalap

-

JEREZ, Jawa Pos – Kapan seri pembuka MotoGP 2020 bakal digelar semakin tidak pasti. Kemarin (26/3) Dorna mengumumka­n penundaan pelaksanaa­n GP Spanyol akibat pandemi Covid-19 yang belum menunjukka­n tanda-tanda mereda di Eropa. Sedianya balapan di Sirkuit Jerez itu berlangsun­g pada 1–3 Mei 2020.

Spanyol masih menjadi salah satu wilayah paling parah terdampak penularan Covid-19. Hingga kemarin, jumlah kasus tercatat 56.188 orang. Dan, jumlah korban meninggal tembus 4.089 orang. Meski demikian, jumlah pasien yang sembuh juga tinggi, yakni 7.015 orang.

FIM, IRTA, dan Dorna Sports sepakat menunda GP Spanyol karena risiko penularan masih sangat tinggi. ’’Dalam situasi yang tidak menentu seperti ini, jadwal baru pengganti GP Spanyol belum bisa dipastikan,” tulis pernyataan resmi MotoGP kemarin (26/3).

GP Spanyol menyusul tiga race sebelumnya yang ditunda. Yakni, GPThailand,Amerika,danArgenti­na. Di tengah situasi sulit saat ini, MotoGP menghadapi ancaman

jadwal molor. ’Revisi jadwal akan kamiumumka­nsesegeram­ungkin,’ tutup pernyataan resmi itu.

Dengan pengumuman tersebut, musim balap MotoGP 2020 paling cepat digelar Juni. Sebab, setelah Spanyol, akan ada GP Prancis (17 Mei) dan Italia (31 Mei). Melihat kondisi saat ini, dua negara tuan rumah tersebut juga sedang berperang melawan korona.

Beberapa jam sebelum mengumumka­n penundaan GP Spanyol tersebut, Dorna dan MotoGP mengabarka­n persiapan akhir menuju digelarnya balapan virtual yang dijadwalka­n Minggu (29/3) pukul 20.00 WIB. Sebelumnya, pihak MotoGP memastikan rider legendaris Valentino Rossi akan turun bersama para pembalap lain. Namun, dalam keterangan terakhir, The Doctor –julukan Rossi– memutuskan mundur. Tidak disebutkan alasan mundurnya rider Monster Energy Yamaha tersebut.

Dengan demikian, ada 10 rider yang akan ambil bagian (selengkapn­ya lihat grafis) dari delapan

tim peserta MotoGP 2020. Sedangkan tiga tim lainnya memilih absen. Yakni, LCR Honda, KTM Red Bull, dan Reale Avintia.

Ajang tersebut dijadwalka­n berlangsun­gdilintasa­nvirtualSi­rkuit Mugello, Italia. Aturan mainnya,

rider akan membalap sepanjang enam lap. Sebelumnya, sesi kualifikas­ibakaldige­berdalamli­mamenit lewat mode time attack untuk penentuan posisi grid balapan.

Bintang Petronas Yamaha Fabio Quartararo berkoar, selain cepat di lintasan, dirinya mumpuni membalap di dunia virtual. ’’Aku bisa sangat cepat di PlayStatio­n. Tetapi, jika melihat para pembalap top di sana, aku sebenarnya lebih cepat dalam balapan yang sesungguhn­ya,” ujar rider 20 tahun tersebut.

Sebelumnya, Rossi mengaku tidak terlalu cepat saat membalap di video game. ’’Aku tahu banyak pembalap cepat (dalam video

game), seperti Bagnaia (Francesco) dan adikku Luca (Marini),” sebutnya kepada Sky Sports Italia sebagaiman­a dikutip Crash. (nap/c17/cak)

 ?? MOTOGP ?? AMBURADUL: GP Spanyol yang sedianya berlangsun­g pada 3 Mei akhirnya diundur akibat persebaran virus korona.
MOTOGP AMBURADUL: GP Spanyol yang sedianya berlangsun­g pada 3 Mei akhirnya diundur akibat persebaran virus korona.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia