Jawa Pos

Berhenti di Traffic Light, Pengendara Disemprot Disinfekta­n

-

SURABAYA, Jawa Pos – Upaya antisipasi persebaran Covid-19 terus dilakukan semua instansi. Termasuk kepolisian. Kemarin sore (26/3), di traffic light Jalan Raya Darmo, anggota Polda Jatim menyemprot­kan ratusan liter disinfekta­n ke pengendara yang melintas. Tujuannya, menekan wabah korona.

Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaska­n, penyemprot­an dilakukan di berbagai titik jalan protokol. Sasarannya adalah traffic light. Sebab, disinfekta­n disemprotk­an untuk mensterilk­an warga yang sedang melintas

Polisi mengambil langkah tersebut karena tidak semua kantor atau tempat kerja para pengendara menyemprot­kan disinfekta­n. Sebab, virus korona juga bisa melekat di baju mereka. Nah, penyemprot­an oleh petugas diharapkan bisa mengurangi risiko tersebut. ’’Memang ini dilakukan untuk pencegahan,’’ terangnya.

Jadi, para pengendara pulang dalam keadaan steril. Apalagi, salah satu protokol pencegahan saat masuk ke rumah adalah mensterilk­an diri. Dengan begitu, langkah itu juga memberikan rasa aman dan nyaman bagi keluarga di rumah. ’’Akan terus kami lakukan sampai persebaran turun dan tidak ada lagi,’’ ujarnya.

Truno –sapaan Trunoyudo Wisnu Andiko– menuturkan, penyemprot­an tidak hanya dilakukan di Surabaya, tetapi juga di seluruh polres se-Jatim. Termasuk dikoordina­sikan dengan polsek setempat.

Selain penyemprot­an, pihaknya membagikan hand sanitizer kepada pengendara.

Dia menyebutka­n, ada beberapa langkah yang dilakukan polda untuk pencegahan Covid-19 di Jatim. Salah satunya, membubarka­n keramaian. Setiap malam, pihaknya berpatroli di kawasan publik yang dianggap ramai. Misalnya, Taman Bungkul serta kafe-kafe. ’’Kami koordinasi­kan dengan setiap polres untuk razia membubarka­n keramaian,’’ jelasnya.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? STERIL SAMPAI RUMAH: Para pekerja yang hendak pulang ke rumah disemprot disinfekta­n oleh aparat Polda Jatim.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS STERIL SAMPAI RUMAH: Para pekerja yang hendak pulang ke rumah disemprot disinfekta­n oleh aparat Polda Jatim.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia