Jawa Pos

Ada Bilik Sterilisas­i di Kantor Satlantas

-

GRESIK, Jawa Pos — Yossy merasa tenang ketika mengurus perpanjang­an SIM di kantor Satpas Satlantas Polres Gresik kemarin (26/3). Pasalnya, perempuan asal Duduksampe­yan itu menyebut sistem pengamanan di kantor yang berlokasi di Kompleks Perumahan Randuagung, Kebomas, itu cukup memadai di tengah persebaran virus korona.

’’Meski kini pemohon agak ribet, kami merasa tenang,” kata Yossy saat ditemui Jawa Pos di Satlantas Polres Gresik kemarin.

Belakangan, satlantas menerapkan aturan tambahan bagi pemohon SIM baru atau perpanjang­an. Sebelumnya, para pemohon hanya diminta cuci tangan dengan hand sanitizer dan pemeriksaa­n suhu badan. Nah, mulai kemarin (26/3) semua pemohon maupun petugas yang masuk ruang pelayanan harus melewati bilik sterilisas­i yang berukuran 3 x 1 meter.

Dalam bilik transparan yang terbuat dari plastik itu, pemohon maupun petugas akan disemprot disinfekta­n secara otomatis. Setelah penyemprot­an seluruh tubuh, pemohon lalu mencuci tangan di wastafel. Di pintu masuk kembali dilakukan penyemprot­an hand sanitizer dan pemeriksaa­n suhu badan. Tempat duduknya pun kini dibuat berjarak. ”Jaga jarak tetap kami lakukan secara ketat,” kata Kasatlanta­s Polres Gresik AKP Erika Purwana Putra yang didampingi Kanit Regindent

Iptu Bachtiar Efendi.

Dia menjelaska­n, bilik sterilisas­i itu dibuat karena permohonan serta perpanjang­an SIM tetap dilayani. ”Tapi, diperketat sesuai SOP. Tujuannya bagian dari upaya kami untuk mencegah persebaran Covid19,” ujar mantan Kasatlanta­s Polres Pasuruan itu.

Meski pelayanan SIM tetap dibuka, pihaknya membatasi jam operasiona­l. Hari normal biasanya dibuka mulai pukul 08.00 hingga 15.00. Tapi, di tengah merebaknya Covid-19 jam operasiona­l mulai pukul 08.00 hingga 12.00. ”Jam operasiona­l kami batasi dulu sampai situasi kembali normal,” imbuh alumnus Akpol 2007 tersebut.

 ?? FOTO GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? PENCEGAHAN BERSAMA-SAMA: Akivitas penyemprot­an disinfekta­n di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin, Suci, Manyar, Gresik, kemarin. Foto kiri, pemohon SIM di kantor Santlantas Polres Gresik kini lebih tenang karena ada bilik sterilisas­i.
FOTO GALIH WICAKSONO/JAWA POS PENCEGAHAN BERSAMA-SAMA: Akivitas penyemprot­an disinfekta­n di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin, Suci, Manyar, Gresik, kemarin. Foto kiri, pemohon SIM di kantor Santlantas Polres Gresik kini lebih tenang karena ada bilik sterilisas­i.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia