Jawa Pos

Siapkan 150 APD untuk Petugas Makam

-

SURABAYA, Jawa Pos - Petugas Makam Kembang Kuning juga dilengkapi alat pelindung diri (APD). Kemarin (27/3) ada 17 APD yang dicek langsung oleh Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya Chalid Bukhari. ”APD disediakan untuk petugas di 13 makam yang dikelola pemkot, salah satunya di Kembang Kuning. Jumlahnya berbedabed­a tiap makam. Total sebanyak 150 stel APD,” ujarnya.

Setiap paket APD terdiri atas setelan atasan dan bawahan dari bahan yang mirip jas hujan sekali pakai. Mereka juga diberi sepatu bot dan kacamata khusus. Sementara itu, masker dan sarung tangan rencananya dikirim hari ini. Chalid menuturkan, satgas yang bertugas di setiap makam perlu memahami fungsi APD tersebut. Terutama untuk keselamata­n mereka saat menjalanka­n tugas untuk memakamkan jenazah pasien korona.

Selain itu, penyemprot­an disinfekta­n sesaat dan sesudah pemakaman merupakan prosedur yang wajib dipatuhi. ”Tidak perlu khawatir berlebihan. Semua sudah ada protokolny­a, termasuk tatacara pemakaman untuk kasus korona. Kita berdoa bersama mugo-mugo APD i k i n g g aksa m pek d iga w e ,” ungkapnya.

Chalid menambahka­n, rekomendas­i dari dinkes dan RS rujukan juga merupakan sebuah kepastian yang membuat petugas pemakaman bisa lebih tenang. Dengan rekomendas­i tersebut, mereka bisa yakin bahwa jenazah yang akan dimakamkan sudah terbungkus dengan baik. Dan tidak membahayak­an bagi mereka. ”Sebab, risiko penularan masih bisa terjadi pada petugas pemakaman saat mereka tidak berhati-hati,” imbuhnya.

Kepala UPTD Pemakaman DKRTH Surabaya Aswin Agung Raharja menjelaska­n, kemarin pihaknya memberikan pembekalan kepada perwakilan petugas pemakaman dari 13 makam yang dikelola Pemkot Surabaya. ”Supaya petugas lebih safety. Pemakaman bergantung permohonan dari ahli waris. Kalau maunya di Kembang Kuning, misalnya, ya kami laksanakan,” paparnya.

Slamet Harianto, staf UPTD Pemakaman Kembang Kuning, menyebutka­n, pemakaman khusus kasus korona menjadi bagian saling tolong-menolong. Atau membantu masyarakat memperoleh rasa aman dan nyaman.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? KEPERLUAN MENGUBUR PASIEN COVID-19: Slamet Harianto merapikan APD yang disiapkan untuk petugas makam Kembang Kuning.
DIMAS MAULANA/JAWA POS KEPERLUAN MENGUBUR PASIEN COVID-19: Slamet Harianto merapikan APD yang disiapkan untuk petugas makam Kembang Kuning.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia