Jawa Pos

Termasuk Buah Nonkoleste­rol, tapi Kalorinya Tinggi

Di balik berbagai keistimewa­an yang membuatnya begitu digandrung­i, durian juga disebut sebagai buah yang berisiko, terutama karena anggapan berkoleste­rol tinggi. Namun, di mata ahli gizi, informasi itu dianggap keliru.

-

BAGI para penikmatny­a, durian adalah raja dari segala buah. Ungkapan itu tak salah. Buah tersebut begitu diburu. Bahkan, para maniak durian rela berkorban demi merasakan buah yang satu itu.

Namun, di balik itu, tak sedikit yang menyebut durian sarat risiko. Yang paling sering terdengar, buah tersebut bisa bikin kelenger. Orang menyebutny­a ’’mendem duren”. Tak hanya itu, durian juga kerap dianggap sebagai pemicu naiknya kadar kolesterol.

Lantas, yang benar seperti apa? Ahli gizi Universita­s Airlangga (Unair) Sri Adiningsih membeberka­n hasil penelitian­nya tentang kandungan yang ada dalam durian. ”Setelah diteliti, ada banyak khasiat buah ini,” katanya.

Dari penelitian itu, durian diketahui merupakan buah yang memiliki kandungan anti oksida n. Diantarany­a, vitamin A dan E. Vitamin tersebut bermanfaat untuk tubuh, terutama mata dan kulit.

Di dalam durian juga ada kandungan alkohol. Itulah yang jadi alasan kenapa mengonsums­i buah tersebut membuat tubuh terasa hangat. ”Ada yang kadarnya tinggi. Ada pula yang rendah,” jelas dosen program studi gizi fakultas kesehatan masyarakat (FKM) tersebut.

Kandungan lain yang terdapat dalam durian adalah kalori. Dalam 100 gram daging buah atau setara dua butir, terkandung 147 kalori. Ukuran itu berlaku untuk durian lokal yang biasa. Untuk durian m anca seperti m o n tong, satu biji daging buah memiliki 300 gram kalori.

Kandungan kalori itulah yang sering disalahart­ikan masyarakat. Banyak yang menyebut durian sarat akan kolesterol. ”Sebenarnya yang tinggi bukan kolesterol, melainkan kalorinya,” tuturnya.

Dia menegaskan, durian adalah buah nonkoleste­rol. Hanya, biasanya penderita penyakit kolesterol dibarengi dengan kadar gula yang tinggi. ”Seperti penderita diabetes. Makan durian sedikit saja, penyakitny­a bisa kambuh,” paparnya.

Meski tanpa kolesterol, tak berarti makan durian harus di-los (tanpa batasan).

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? BERGIZI: Berdasar hasil penelitian, varietas lokal seperti durian asal Desa Krenceng ini memiliki kadar kalori hingga 147 kkl.
BOY SLAMET/JAWA POS BERGIZI: Berdasar hasil penelitian, varietas lokal seperti durian asal Desa Krenceng ini memiliki kadar kalori hingga 147 kkl.
 ?? GALIH ADI PRASETYO ??
GALIH ADI PRASETYO

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia