Jawa Pos

Penerapan Physical Distancing Makin Merata

Terjadi di Sebagian Besar Daerah di Jatim

-

SURABAYA, Jawa Pos – Perlahan tapi pasti, penerapan physical distancing pasca merebaknya persebaran virus coronaviru­s disease 2019 (Covid-19) merambah ke berbagai wilayah di Jatim.

Hingga tadi malam, jumlah kabupaten/kota yang memberlaku­kan kebijakan pembatasan wilayah terus bertambah. Meski dengan metode yang berbeda-beda.

Di Kota Pasuruan, pemkot mulai memberlaku­kan physical distancing di tiga ruas jalan. Yakni, Jalan Pahlawan, Jalan Sultan Agung, dan Jalan Panglima Sudirman. Di tiga ruas jalan itu, physical distancing diberlakuk­an Sabtu dan Minggu. Rencananya kebijakan tersebut juga berlaku tiap Jumat hingga Minggu sampai situasi kondusif.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskominfo Kota Pasuruan Sugeng Winarto mengatakan, physical distancing dilakukan dua kali dalam sehari. Yaitu, pagi hingga siang dan malam. Seluruh masyarakat maupun kendaraan dilarang beraktivit­as di tiga titik tersebut. ”Jadi, pada jam-jam itu kendaraan tidak diperkenan­kan melintas. Masyarakat yang tinggal di situ juga diminta untuk tetap berada di rumah dan membantu pemerintah mencegah persebaran virus korona,” ungkapnya. Sementara itu, di Kabupaten Pasuruan,

physical distancing juga diterapkan terbatas sejak Sabtu malam (28/3) di Pandaan. Tepatnya di simpang empat Pandaan hingga simpang empat Taman Dayu.

Sama, kebijakan itu berlaku tiap tiga hari di akhir pekan. Sebab, pada akhir pekan biasanya lalu-lalang kendaraan di kawasan itu cukup tinggi. ”Jalan tersebut ditutup sejak pukul 19.00 sampai dengan 00.00,” ungkap Kasubbaghu­mas Polres Pasuruan AKP Hardi.

Dia berharap masyarakat bisa memahami kondisi tersebut. Adanya kawasan tertib physical distancing itu diharapkan bisa memutus mata rantai persebaran Covid-19 di Pasuruan.

Di Blitar, pengetatan tak hanya terjadi di beberapa jalur utama. Sejumlah area publik untuk sementara ditutup. Di antaranya adalah ruang terbuka hijau (RTH) yang selama ini jadi pusat berkumpuln­ya warga di sana. Di antaranya, RTH Kanigoro dan Wlingi. Selain itu, alun-alun yang ada di setiap kecamatan dibatasi dari aktivitas publik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blitar Krisna Triatmanto mengatakan, penutupan itu berlangsun­g sekitar dua pekan. ”Setalah itu ada evaluasi apakah dibuka kembali atau seperti apa,” katanya.

Di Kota Malang, aparat kepolisian setempat menutup beberapa akses utama di kota itu. Salah satunya Jalan Ijen. Selama akhir pekan, polisi melakukan penutupan sebanyak dua tahap. ”Kami sudah menyiapkan berbagai alternatif. Mulai pengalihan arus hingga rekayasa lalu lintas,” terang Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata.

Selain penutupan jalan, pihaknya akan membatasi akses masuk ke sepuluh perumahan. ”Perumahanp­erumahan tersebut akan menerapkan one gate system,” jelas Leo.

Di Mojokerto, physical distancing mulai berlaku di Jalan Gajah Mada yang menjadi salah satu akses utama Surabaya–Madiun. Pengendara yang akan ke Surabaya diarahkan melalui jalur utara.

 ?? JAWA POS RADAR MOJOKERTO ?? UJI COBA: Petugas memantau arus kendaraan di sekitar Jalan Gajah Mada, Mojokerto. Di jalan tersebut, diberlakuk­an physical distancing.
JAWA POS RADAR MOJOKERTO UJI COBA: Petugas memantau arus kendaraan di sekitar Jalan Gajah Mada, Mojokerto. Di jalan tersebut, diberlakuk­an physical distancing.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia