Jawa Pos

Tantangan Dapat Karakter Menyebalka­n

Perubahan Josh Gad di Avenue 5

-

JOSH Gad kian dikenal sejak terlibat sebagai pengisi suara Olaf, manusia salju dalam animasi Frozen (2013). Tahun ini, wajah pria 39 tahun itu muncul dalam serial scifi Avenue 5 di kanal HBO. Rencananya, HBO melanjutka­n musim kedua setelah musim pertama berakhir Minggu lalu (22/3).

Avenue 5 mengisahka­n pesawat pesiar luar angkasa yang bernama sama. Suatu ketika, insiden terjadi. Pesawat yang berisi ratusan penumpang terancam tak bisa kembali ke bumi. Gad berperan sebagai Herman Judd, miliuner pemilik pesawat Avenue 5 yang arogan namun ceroboh. Jawa Pos mewawancar­ainya via telekonfer­ensi beberapa waktu lalu.

Untuk memerankan Gad, apakah ada persiapan dan penyesuaia­n khusus?

Setiap kali memerankan karakter, saya punya kebiasaan mengobserv­asi orang-orang di dunia nyata. Nah, somehow, karakter Judd mirip dengan sebagian besar orang yang pernah saya temui. Mereka adalah referensi akting saya sebagai Judd yang menyebalka­n.

Bagaimana Anda memandang Judd?

Well, Judd adalah cerminan mayoritas miliuner, pengusaha, atau orang-orang yang diberi wewenang besar dalam sebuah proyek. Mereka hanya mengandalk­an kekuasaan, tapi tak punya keahlian kepemimpin­an. Nggak bisa apa-apa selain main perintah. Hahaha...

Ada kesulitan saat memerankan Judd yang arogan?

Segala sesuatu membutuhka­n keseimbang­an, termasuk akting. Saya ingin sifat arogan saya tak terkesan dibuat-buat. Jadi, tantangan saya ialah terlihat overkonfid­en dan bossy, tapi tetap dalam kadar yang wajar.

Meskipun sulit, tentu ada sedikit kemiripan Anda dengan Judd. Apakah itu?

Well, pertama. Ada momen ketika saya merasa yakin bisa melakukan sesuatu dengan baik, tapi akhirnya tidak bisa. Kedua, saya ini sebenarnya sering bergantung pada orang lain. Mirip seperti Judd yang harus dibantu rekan-rekannya di Avenue 5.

Anda senang dengan genre scifi yang diusung serial ini?

Saya suka film-film seperti Star Wars dan Star Trek yang juga berlatar ruang angkasa. Sangat menyenangk­an bisa terlibat dalam serial tentang hal-hal futuristis. Imajinasi kita diajak bertualang ke berbagai kemungkina­n sehingga membuat pikiran lebih terbuka.

Selain fiksi ilmiah, Avenue 5 memasukkan unsur komedi. Apa yang membedakan komedi di Avenue 5 dengan komedi di serial lain?

Hmmm... Mungkin pada bagaimana komedi atau kelucuan terbentuk dari sebuah insiden atau kesalahan. Avenue 5 menyoroti cara orangorang merespons kecelakaan dengan sikap berbeda. Kadang respons mereka bikin orang lain tertawa saking absurdnya.

 ??  ??
 ?? IMDB EMMA MCINTYRE/ GETTY IMAGES FOR WARNERMEDI­A/ AFP ?? SI AROGAN: Josh Gad (tengah) ketika memerankan Herman Judd, miliuner pemilik pesawat Avenue 5.
IMDB EMMA MCINTYRE/ GETTY IMAGES FOR WARNERMEDI­A/ AFP SI AROGAN: Josh Gad (tengah) ketika memerankan Herman Judd, miliuner pemilik pesawat Avenue 5.
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia